Pedagang Pasar Pagi Kota Batu akan Pindah ke Pasar Among Tani Bulan Depan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

23 April 2024 10:52 23 Apr 2024 10:52

Thumbnail Pedagang Pasar Pagi Kota Batu akan Pindah ke Pasar Among Tani Bulan Depan Watermark Ketik
Aktivitas Pasar Pagi di Stadion Brantas Kota Batu (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pedagang pasar pagi di Stadion Brantas Kota Batu Jawa Timur akan direlokasi ke Pasar Induk Among Tani, Kota Batu awal bulan Mei 2024. Sebanyak 1.057 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang telah terverifikasi akan menempati sisi belakang Pasar Induk Among Tani.

Pj. Wali Kota Batu mengatakan, relokasi pedagang sangat mendesak, dikarenakan area stadion tersebut segera direvitalisasi untuk kembali dijadikan kawasan olahraga. Terlebih, Kota Batu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2025.

"Kami berharap dengan segera direlokasinya pedagang, maka kawasan Stadion Gelora Brantas akan bisa segera dikembalikan sesuai fungsi awal," katanya, Selasa (23/4/2024).

Aries menguraikan, setiap pedagang akan dibagi sesuai dengan zonasinya masing-masing di Pasar Induk Among Tani. Seperti zona pangan basah, pangan kering, siap saji dan non pangan. 

Nantinya, pedagang disiapkan lincak seluas 1 x 1,8 meter dan sebagian pedagang akan mendapatkan los seluas 1 x 2 meter.

"Sedangkan untuk jam operasional pedagang mulai pukul 22.00 hingga 07.00 WIB," sambungnya.

Aries menegaskan, pedagang harus menaati peraturan dan kesepakatan waktu yang telah disepakati. Sehingga tidak mengganggu aktivitas Pasar Among Tani di siang harinya.

Pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi jika pedagang tidak menaati peraturan yang berlaku di Pasar Induk Among Tani.

"Tujuannya adalah untuk kenyamanan bersama semua yang beraktivitas di Pasar Induk Among Tani. Baik pedagang maupun pembeli masyarakat Kota Wisata Batu maupun wisatawan," ujarnya.

Dengan pindahnya Pedagang Pasar pagi ke Pasar Induk, Aries berharap perekonomian Kota Wisata Batu semakin tumbuh berkembang. Tidak hanya sektor pariwisata tapi juga sektor perdagangan yang akan berdampak bagi masyarakat Kota Batu.

"Maka kehidupan Pasar Induk Among Tani dapat dipastikan berjalan selama 24 jam penuh dengan masuknya pedagang pasar pagi," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pasar Pagi Stadion Brantas Pasar induk Among Tani Kota Batu Porprov Jatim 2025