Patroli Perintis Presisi, Cara Polresta Malang Kota Amankan Pemilu 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

13 November 2023 10:35 13 Nov 2023 10:35

Thumbnail Patroli Perintis Presisi, Cara Polresta Malang Kota Amankan Pemilu 2024 Watermark Ketik
Jajaran Polresta Malang Kota saat melakukan patroli pengawasan Pemilu 2024. (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

KETIK, MALANG – Polresta Malang Kota lakukan persiapan dini mencegah gangguan selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. Salah satu langkah yang dilakukan ialah dengan Patroli Perintis Presisis oleh Sat Samapta Polresta Malang Kota.

Bukan hanya menyasar lokasi yang rawan akan gangguan, patroli juga dilakukan untuk memastikan sarana dan prasarana Pemilu 2024 aman, bersama Petugas Jaga Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. Dalam patroli, petugas turut memantau berbagai inventaris mulai dari alat coblos, bantalan, bilik suara, kotak suara, hingga label kotak.

Kasat Samapta Polresta Malang Kota, Kompol Wiwin Rusli berpesan ke unit patroli agar selalu berkoordinasi, baik dengan petugas KPU maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang

"Anggota yang bertugas baik di lapangan maupun angota yang piket di KPU dan Baswalu, kami tekankan agar selalu melakukan koordinasi meski ada perubahan sekecil apapun, bisa segera dikomunikasikan, agar tidak mengganggu tahapan Pemilu 2024," ujar Kompol Wiwin pada Senin (13/11/2023).

Anggota Patroli Perintis Presisi juga rutim melakukan monitor pada wilayah rawan gangguan Kamtibmas. Terlebih ada beberapa perumahan yang tidak memiliki petugas keamanan. Lokasi yang menjadi perhatian Anggota Patroli Perintis meliputi pasar, Toko Emas, Kantor Perbankan, super market, dan mini market.

"Kadang memang ada perumahan yang tidak ada petugas jaga, maka perintis melakukan pendekatan ke Ketua RT maupun RW untuk meyakinkan kondisi lingkungannya aman," terangnya.

Tindakan tersebut merupakan salah satu petunjuk yang diberikan oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. Setiap anggota yang dinas diimbau selalu koordinasi dan melibatkan Tiga Pilar, termasuk instansi terkait ketika melakukan tindakan yang mengganggu Kamtibmas.

"Untuk menciptakan kamtibmas, Sat Samapta harus meningkatkan kesiapsiagaan sebab perubahan situasi dan kondisi di Kota Malang sangat cepat. Mengingat Kota Malang sebagai tempat singgah dan menjadi perlintasan masyarakat dari kota atau keluar kota," tuturnya.

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 Kota Malang Polresta Malang Kota