Pasokan Biodiesel 35 di Semua SPBU Lancar 

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

8 Februari 2023 06:21 8 Feb 2023 06:21

Thumbnail Pasokan Biodiesel 35 di Semua SPBU Lancar  Watermark Ketik
Hampir semua SPBU di Surabaya sudah tersedia Biodiesel 35. (Foto: Kuncoro S/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Hampir semua SPBU di Surabaya sudah menjual BBM jenis baru yaitu Biodiesel 35. Harga Biodiesel 35 ini tetap seperti sebelumnya Biosolar Rp 6.800. BBM jenis ini termasuk harga bersubsidi. 

Para petugas belum banyak yang paham adanya Biodiesel 35 tersebut. Mereka tetap menyebut Biosolar. Sejak pemerintah mengumumkan adanya Biodiesel 35 tersebut, pasokan dari Pertamina ke SPBU berjalan lancar. 

Seperti telah diberitakan, pemerintah mulai menerapkan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) Biodiesel 35 persen (B35) pada Rabu pekan lalu Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang menerapkan biodiesel dengan kandungan tinggi. Penerapan B35 ini tak lepas dari keberhasilan B30 dan sebagai upaya mengurangi impor minyak serta menghemat devisa negara.

Secara umum, B35 merupakan campuran bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak kelapa sawit, Fatty Acid Methyl Esters (FAME). B35 merupakan campuran minyak sawit 35 persen dan 65 persen lainnya BBM jenis solar.

Di negeri ini, bahan baku biodiesel berasal dari minyak sawit. Namun, sebetulnya selain CPO ada tanaman lain yang berpotensi menjadi bahan baku biodiesel, seperti tanaman jarak, jarak pagar, kemiri sunan, kemiri cina, nyamplung, dan lain-lain.

Proses pembuatan biodiesel umumnya menggunakan reaksi metanolisis (transesterifikasi dengan metanol), yaitu reaksi antara minyak nabati dengan metanol dibantu katalis basa (NaOH, KOH, atau sodium methylate). Ini untuk menghasilkan campuran ester metil asam lemak dengan produk ikutan gliserol.

Mengutip laman resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), biodiesel siap digunakan pada mesin diesel biasa dengan sedikit atau tanpa penyesuaian.

Penyesuaian dibutuhkan jika penyimpanan biodiesel terbuat dari bahan sensitif dengan biodiesel seperti seal, gasket, dan perekat terutama mobil lama dan yang terbuat dari karet alam dan karet nitril.

Penggunaan biodiesel memiliki banyak manfaat. Salah satu keuntungannya adalah fakta bahwa bahan bakar ini berasal dari sumber daya terbarukan yang dapat ditanam dan bisa mengurangi ketergantungan pada minyak.

Biodiesel juga bisa mengurangi emisi gas buang, termasuk jumlah jelaga dan asap knalpot. Penelitian Enviromental Protection Agency (EPA) mengungkapkan biodiesel mengeluarkan karbondioksida 11 persen lebih sedikit dari partikel dan 10 persen lebih sedikit daripada solar.

Studi yang dilakukan Departemen Energi dan Pertanian Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa biodiesel dapat mengurangi emisi karbondioksida bersih sebesar 78 persen.Kekurangan penggunaan biodiesel

Salah satu kekhawatiran dalam penggunaan biodiesel adalah mengenai kualitas dan efek jangka panjang pada kendaraan bermesin diesel.(*)

Tombol Google News

Tags:

Biodiesel 35 SPBU Surabaya