Pantau Harga Sembako, Khofifah Sidak Pasar Panarukan Situbondo

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

8 April 2023 09:28 8 Apr 2023 09:28

Thumbnail Pantau Harga Sembako, Khofifah Sidak Pasar Panarukan Situbondo Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah saat mengecek harga sembako di Pasar Panarukan Situbondo (8/4/2023). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SITUBONDO – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau harga bahan pokok (bapok) di Pasar Panarukan Kabupaten Situbondo pada Sabtu (8/4/2023).

Peninjauan dilaksanakan untuk memastikan harga bahan pokok di pasar Panarukan Situbondo terkendali. Sebab beberapa waktu belakangan harga bahan pokok di pasar ini terbilang fluktuatif khususnya untuk komoditas beras. Untuk itu, kunjungan kali ini ditujukan untuk memastikan harga bahan pokok masih dalam kondisi yang terkendali dan stabil.

"Saya memang berkeliling ke berbagai pasar tradisional untuk memastikan bahwa menjelang Idul Fitri, ada tiga hal yang terjaga. Pertama ketersediaan bahan pokok aman, kedua, distribusi sampai konsumen dan ketiga, keterjangkauan daya beli masyarakat sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhannya," ujar Khofifah.

Sebelumnya, peninjauan turut dilakukan di sejumlah pasar di Jatim seperti Pasar Kedungmaling dan Pasar Mojosari Kab. Mojokerto (1/4), Pasar Kolpajung Kab. Pamekasan (3/4), Pasar Legi Kab. Ponorogo (4/4), Pasar Wage Kab. Nganjuk (5/4), dan Pasar Sambonggede Kab. Tuban (6/4).

Pada peninjauan kali ini, Gubernur Khofifah menyebutkan bahwa harga bahan pangan pokok di Kabupaten Situbondo jelang Idul Fitri harganya stabil bahkan beberapa komoditas harganya turun.

Foto Khofifah memberikan bantuan kepada warga di sela kunjungannya di Situbondo.(Foto: Humas Pemprov Jatim)Khofifah memberikan bantuan kepada warga di sela kunjungannya di Situbondo.(Foto: Humas Pemprov Jatim)

"Pertama kita melihat beras per kilogram beras premium di sini kisaran Rp13.000. Ini artinya harga tersebut di bawah HET mengingat saat ini HET beras premium Rp13.900. Kemudian gula harganya Rp13.000 berarti di bawah HET mengingat saat ini HET gula Rp13.500," urai Khofifah.

Khofifah lantas berpesan pada Bupati Situbondo Karna Suswandi untuk senantiasa menjaga kestabilan harga bahan pokok di daerahnya agar sesuai dengan daya beli masyarakat khususnya menjelang Idul Fitri 1444 H.

"Oleh karena itu saya pesan kepada Pak Bupati agar menjaga ketersediaan dan harga bapok yang sudah bagus ini. Dijaga ketersediaannya dan pastikan sampai kepada konsumen semua bisa lancar. Berikutnya adalah harga-harga yang sudah bisa memenuhi keterjangkauan daya beli masyarakat," pesannya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan rasa terima kasih atas berkenannya hadir Gubernur Khofifah untuk meninjau harga dan ketersediaan bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Mewakili warga Kilensari, Kec. Panarukan kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ibu Gubernur pagi ini. Juga setelah ini Ibu Gubernur akan membagikan sembako pada masyarakat sekitar, jadi saya mohon untuk tidak berdesak-desakan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

harga bahan pokok pasar panarukan Situbondo Pantau harga Ramadan Khofifah