MUI Jatim Hadirkan Pesta UMKM di Malang, Ada Pameran hingga Forum Business Matching

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

22 Agustus 2023 09:56 22 Agt 2023 09:56

Thumbnail MUI Jatim Hadirkan Pesta UMKM di Malang, Ada Pameran hingga Forum Business Matching Watermark Ketik
Flyer Pesta UMKM 2023. (Foto: Dok. KPEU MUI Jatim)

KETIK, MALANG – Untuk mempromosikan keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta mendorong gairah perekonomian nasional, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Jatim menggelar Pesta UMKM 2023 di Malang. Event tersebut merupakan upaya pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Timur. 

KH Abdul Hamid Wahid MAg, Wakil Ketua Komisi KPEU MUI Jatim mengatakan, 100 UMKM Jawa Timur akan diberi ruang untuk memamerkan produknya di Pesta UMKM 2023.

Di sana, para UMKM dapat mempromosikan produk-produknya, berinteraksi bisnis dengan sesama pelaku usaha, konsumen serta buyer untuk mendapatkan peluang bisnis. Mereka juga bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. 

“Ini sebuah langkah strategis, event pameran, business matching, dan upaya untuk mengairahkan dan mendorong daya beli masyarakat. itu adalah satu hal yang menurut saya strategis untuk dilakukan,” jelasnya.

Para UMKM yang ingin berpartisipasi dapat mendaftarkan produknya pada link pendaftaran berikut: https://intip.in/PendaftaranPameranHalalExpoKPEUMUIJatim. Peserta Pesta UMKM 2023 ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Pendaftaran dimulai 14 Agustus 2023 hingga 24 Agustus 2023. UMKM yang mendaftar akan melalui proses seleksi terlebih dahulu.

"Perlu upaya yang serius dan fokus untuk mengembangkan UMKM dalam sistem perekonomian nasional," tambahnya.

Selian itu, dalam event Pesta UMKM 2023 nantinya terdapat Klinik Halal dan perizinan yang akan memberikan informasi, penjelasan dan pendampingan terkait proses sertifikasi halal maupun dalam hal proses perizinan. 

Kebijakan keharusan sertifikasi halal pada 2024, menjadi bentuk dukungan pemerintah dalam mewujudkan geliat ekonomi yang berbasis syariah dan menjadi kiblat ekonomi syariah dunia.

"Meski diketahui cuaca ekonomi dunia tengah redup. Melalui langkah-langkah strategis seperti ini tentunya dapat menjadi pelecut untuk mendorong kemajuan perekonomian sektor UMKM, khususnya di Jawa Timur lebih bergairah," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pesta UMKM 2023 MUI Jatim KH Hamid Wahid UMKM Malang NK Cafe Business matching Pameran UMKM