Momen Khofifah Salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

29 Juni 2023 03:14 29 Jun 2023 03:14

Thumbnail Momen Khofifah Salat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat mendengarkan ceramah usai shalat Idul Adha di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Kamis (29/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) pada Rabu (29/6/2023).

Tak sendirian, tampak Khofifah ditemani anggota keluarga, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak beserta istri Arumi Bachsin dan juga beberapa pejabat Forkopimda Jawa Timur.

Tampak masyarakat sangat antusias merayakan momen Hari Raya Idul Adha pada tahun ini. Sekitar 45 ribuan jemaah terlihat memadati MAS untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Pada momen ini Khofifah mengucapkan syukur atas perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Dirinya mendoakan agar semua amal ibadah yang sudah dilakukan diterima oleh Allah SWT.

"Alhamdulillah tahun ini kita bisa merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut Idul Kurban," ungkap Khofifah.

Untuk tahun ini MAS total akan menyembelih sekitar 40 ekor sapi dan 45 ekor kambing. Penyembelihan akan dilakukan esok hari pada Jumat (30/6/2023) dengan sistem jemput bola.

Foto Gubernur Khofifah saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis ke pihak Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Kamis (29/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah saat menyerahkan hewan kurban secara simbolis ke pihak Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Kamis (29/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sedangkan untuk Masjid Raya Islamic Center total ada 24 ekor sapi dan 106 kambing dan domba. Karena banyaknya hewan proses penyembelihan akan dilakukan 2 hari yakni hari ini dan besok Jumat.

"Saya berterima kasih kepada semua Forkopimda yang menitipkan hewan kurbannya di MAS," tambah Khofifah 

Untuk pembagian daging kurban Khofifah memastikan akan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya sudah melakukan pemetaan agar daging hewan kurban bisa sampai di tangan yang tepat.

"Jadi ini adalah bentuk keshalehan sosial dimana kita berbagi kebahagiaan kepada orang yang membutuhkan," tutur Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI ini menegaskan dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Masjid Islamic Center untuk membagikan daging kurban. Total ada 18 titik yang masuk kategori dan para penerima nanti akan diberikan voucher untuk mengambil daging kurban.

"Kemarin saya sempat berdiskusi dan melakukan pemetaan, dalam daftar yang dilaporkan ada 1.800 warga yang mendapat daging kurban," pungkas Khofifah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Shalat Idul Adha Hari Raya Qurban Gubernur Khofifah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Khofifah Gubernur Jawa Timur Gubernur Jatim Masjid Al-Akbar Surabaya