Momen Bersejarah HUT ke-109 Kota Malang, Sutiaji Dapat Penghargaan dari Kwarda Pramuka Jatim

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

2 Mei 2023 05:28 2 Mei 2023 05:28

Thumbnail Momen Bersejarah HUT ke-109 Kota Malang, Sutiaji Dapat Penghargaan dari Kwarda Pramuka Jatim Watermark Ketik
Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil menyerahkan Lencana Pancawarsa VII kepada Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (2/5/2024). (Foto: Nata Yulian/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Perayaan HUT ke-109 Kota Malang menjadi momen bersejarah bagi Sutiaji, Wali Kota Malang. Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil menyematkan penghargaan Lencana Pancawarsa  kepada Sutiaji yang juga Kamabicab Malang.

Penyematan penghargaan bergengsi tersebut diserahkan pada momen Upacara Hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hari Ulang Tahun ke-109 Kota Malang di Halaman Depan Kantor Wali Kota Malang, Selasa (2/5/2023).

"Tadi penghargaan Lencana Pancawarsa. Pengabdiannya dikalikan 5 tahun karena kami kasih Pancawarsa VII. Jadi Pak Wali Kota Sutiaji ini sudah aktif dan mengabdi di Pramuka sekitar 35 tahun," kata Arum Sabil.

Foto Kak Arum Sabil menyematkan lencana Pancawarsa VII kepada Wali Kota Malang pada peringatan Hardiknas 2023 di Balai Kota Malang (2/5/2023). (Foto: Nata Yulian/Ketik.co.id)Kak Arum Sabil menyematkan lencana Pancawarsa VII kepada Wali Kota Malang pada peringatan Hardiknas 2023 di Balai Kota Malang (2/5/2023). (Foto: Nata Yulian/Ketik.co.id)

Abah Arum sapaan akrabnya mengapresiasi Pramuka Kota Malang yang kompak dan mampu menjaga semangat kebersamaan serta gotong royong.

Ia menyebut Kwarcab Pramuka Kota Malang adalah teladan bagi daerah lain. Abah Arum menilai, Kwarcab Pramuka Kota Malang aktif dalam kegiatan pendidikan, sosial kemanusiaan dan turut serta menjaga keamanan di Kota Malang.

"Saya harap kegiatan kepramukaan di Kota Malang betul-betul produktif bukan hanya kegiatan sosial kemanusiaan tapi kemandiran pribadi harus produktif juga," ungkapnya.

Beberapa kegiatan Pramuka Kota Malang di antaranya membantu kepolisian dan Pemkot Malang dalam menciptakan lalu lintas aman dan lancar.

"Tidak hanya kelancaran lalu lintas, tapi juga membantu aparat keamanan menjaga kamtibmas. Adik-adik Pramuka Kota Malang juga aktif di kegiatan sosial kemanusiaan seperti penanganan bencana alam di Semeru. Salah satunya dari Kota Malang hadir bergotong royong bangun huntara kepada penyintas erupsi," bebernya.

Foto Kader Pramuka Kota Malang bersalamaan dengan jajaran Pengurus Kwarda Pramuka Jatim. (Foto: Nata Yulian/Ketik.co.id)Kader Pramuka Kota Malang bersalamaan dengan jajaran Pengurus Kwarda Pramuka Jatim. (Foto: Nata Yulian/Ketik.co.id)

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengucapkan terima kasih atas penghargaan Lencana Pancawarsa VII yang disematkan kepadanya.

"Nilai-nilai dan semangat yang ada di jiwa insan Pramuka menjadi spirit kita semua dalam bernegara. Terima kasih atas penghargaan ini," ucap Sutiaji.

Untuk diketahui, Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil Pramuka Kota Malang Sutiaji Wali Kota Malang