Merdeka! Masih Ada Rumah Veteran Kemerdekaan Rusak di Surabaya, Komunitas SFC Bantu Rehab

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

26 Agustus 2023 10:48 26 Agt 2023 10:48

Thumbnail Merdeka! Masih Ada Rumah Veteran Kemerdekaan Rusak di Surabaya, Komunitas SFC Bantu Rehab Watermark Ketik
Slamet, Veteran yang rumahnya akan di renovasi.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebagai wujud kepedulian terhadap veteran yang telah berjuang demi bangsa dan negara, Surabaya Friendship Club (SFC) akan merenovasi rumah salah satu veteran yang kondisinya kurang layak. Veteran yang rumahnya akan di renovasi adalah Slamet, yang bertempat di kawasan Wonokromo, Surabaya.

Slamet merupakan veteran yang pernah berjuang pada Operasi Seroja di Timor Timur yang saat ini menjadi Timor Leste. Semasa berperang dirinya bahkan pernah melihat 12 rekannya mati karena adu senjata dengan kelompok Fretilin.

Dipilihnya rumah Slamet untuk dilakukan renovasi karena pemberitaan yang sebelumnya pernah ditulis oleh salah satu jurnalis Ketik.co.id. Hingga akhirnya viral dan kisahnya diketahui banyak orang.

Berangkat dari hal tersebut banyak orang yang ingin membantu dirinya agar dapat menikmati masa tua dengan tenang.

Ketua Surabaya Friendship Club (SFC), Dendy Sean T mengatakan, setelah mengetahui kisah tentang Slamet, ia melakukan survei langsung ke lokasi. Dirinya mendapati jika hunian dari Slamet ini tidak memenuhi standar kesehatan. Karena sinar matahari tidak bisa masuk, ditambah banyak ruangan yang bocor.

Foto Kondisi salah satu ruangan di rumah Slamet yang akan di renovasi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Kondisi salah satu ruangan di rumah Slamet Veteran Perang Surabaya yang akan di renovasi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Kami telah melakukan survei dan memutuskan untuk memilih rumah pak Slamet untuk direnovasi. Karena memang melihat kondisi rumahnya banyak yang bocor dan kurang mendapatkan sinar matahari," jelas Dendy, 26/8/2023).

Dendy menambahkan untuk proses perbaikan akan memakan waktu kurang lebih 1,5 bulan. Hal ini lantaran memang kondisi lingkungan rumahnya yang berada di area padat penduduk sehingga cukup menyulitkan proses perbaikan. SFC sendiri telah menyiapkan dana hingga Rp 35 juta yang dikumpulkan dari para anggota dan juga donatur.

"Proses perbaikan akan dimulai minggu depan, dan memakan waktu sekitar 1,5 bulan. Cukup lama karena nantinya akan dilakukan peninggian atap agar cahaya matahari bisa masuk," tambahnya.

Foto SFC saat memberikan bantuan kepada para veteran.(Foto: Dok SFC)SFC saat memberikan bantuan kepada para veteran.(Foto: Dok SFC)

Sebelumnya, dalam menyambut hari kemerdekaam RI, SFC sempat memberikan bantuan kepada 30 veteran perang. Bantuan yang diberikan adalah sembako seperti minyak goreng, gula, beras dan sebagainya.

Tidak berhenti sampai disitu, SFC juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para veteran dan juga bantuan berupa sepatu.

"Jika bukan kita yang memperhatikan para veteran, lalu siapa lagi. Mereka adalah pahlawan yang pernah berjuang demi bangsa, dan sekarang saatnya kita membalas jasa mereka," pungkasnya.

Sebagai informasi, SFC merupakan komunitas sosial yang beranggotakan para Chief atau Direktur pimpinan usaha dari perusahaan – perusahaan di Surabaya.  Mulai dari BUMN, swasta, media, akademisi, pemerintah, TNI dan Polri yang berkolaborasi untuk memberikan program sosial dan sharing session serta kerjasama.

Di komunitas ini mereka saling berbagi kepedulian dan ilmu bisnis untik bisa saling mendukung dan sukses bersama di antara para direktur dan pengusaha sesama anggota SFC.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sfc Hari Kemerdekaan RI Veteran bantuan Renovasi Surabaya Friendship Club Operasi Seroja Surabaya 17 Agustus Pejuang Kemerdekaan