Menjelang Idul Fitri Rental Mobil Surabaya Kewalahan Order

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

16 April 2023 10:21 16 Apr 2023 10:21

Thumbnail Menjelang Idul Fitri Rental Mobil Surabaya Kewalahan Order Watermark Ketik
Rental mobil untuk Lebaran 2023. (Foto:Mumtaz Group)

KETIK, SURABAYA – Menjelang tujuh hari Lebaran Idul Fitri yang diperkirakan jatuh 22-23 April 2023 beberapa rental mobil di Surabaya kewalahan order. Retal mobil yang laris manis bulan ini adalah rental yang menyewakan mobil lepas kunci. Mobil yang disewakan bisa dipakai mudik penyewa dengan bebas. Bisa dipakai luar kota atau dalam kota. Bahkan bisa dipakai sampai luar provinsi. 

Sementara rental mobil yang menggunakan sopir masih belum berkeming. Ada satu dua mobil yang sudah dipesan untuk kebutuhann mudik Lebaran nanti. Mobil yang disewa biasanya mobil jenis keluarga. "" Di rental kami masih belum ada pesanan yang signifikan. Masalanya di tempat kami mobil yang disewakan komplit dengan sopir"" kata Henri, dari AMG Trasindo kepada Ketik.co.id, Sabtu (15/04/23) kemarin. 

Dia mengatakan, retal yang lokasinya di Surabaya Barat tersebut memang tidak menyewakan lepas kunci. Di tempat rental ini menyedikan sopir yang berpengalaman baik untuk kota-kota maupun luar kota. Misalnya mobil yang disewa adalah jenis Innova. Sewa mobil sehari Rp 1,5 juta termasuk bahan bakar dan sopir. Minimal sewa selama tiga hari. 

Sementara rental yang lepas kunci untuk Lebaran laris manis. Mobil yang disewakan kebayakan jenis mobil keluarga. Yaitu Espas, Toyota Hi-Ace, Hyundai dan jenis lain. Animo pemudik untuk menggunakan mobil retal masih cukup banyak. Meski sekarang sudah banyak masyarakat yang sudah memiliki mobil pribadi. 

Berdasarkan pantuan di lapangan, rental mobil yang lepas kunci kenaikannya hampir seratus persen. Mereka yang menyewa untuk Lebaran bersama keluarga sudah tidak memikirkan lagi ada kenaikan sewa yang ditetapkan oleh pihak pemilik rental. 

Hampir semua rental mobil sudah mematok harga sewa khusus untuk kebutuhan Lebaran. Mobil keluarga MPV ditarif Rp 600 ribu rupiah satu hari. Sebelumnya tarif mobil jenis ini sehari hanya sekitar Rp 250 ribu. Ada kenaikan seratus persen lebih. Mereka yang menyewa mobil rental kebanyakan digunakan mudik ke daerah barat.  

Beberapa rental mencatat bahwa pesanan mobil sewa ini sudah penuh. Penyewa menyewa mobil mulai awal Lebaran hingga 28 April mendatang. Penyewa yang menggunakan mobil tersebut akan dipakai mudik ke Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. 

Biasanya penyewa sebelum memakai mobil diwajibkan membayar DP sekitar lima puluh persen dari tarif mobil yang akan digunakan. Selain itu persyaratan admintrasi juga diseleksi dengan ketat. "Pada saat Lebaran ini memang ada kenaikan tarif sewa sekitar seratus persen," kata Gunawan pemilik rental Mumtaz Grup kepada salah satu awak media. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mumtaz rental mobil order serah kunci