Mengidap ADHD, Artis Fujianti Dilarang Konsumsi Makanan Manis

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Desember 2023 14:25 28 Des 2023 14:25

Thumbnail Mengidap ADHD, Artis Fujianti Dilarang Konsumsi Makanan Manis Watermark Ketik
Artis Fujianti. (Foto: instagram @fuji_an)

KETIK, JAKARTA – Artis dan selebgram Fujianti Utami atau yang lebih dikenal dengan Fuji rupanya mengidap penyakit yang cukup serius, yaitu Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) sejak 2022 lalu. Penyakit ini diketahui setelah ia mengunjungi psikolog, karena merasakan sejumlah gejala yang membuatnya kurang fokus.

"Aku kan sempet suka nabrak, maksudnya kayak tiap jalan tuh apa pun ditabrak. Terus tiap naruh barang juga suka lupa," terang Fuji, di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Setelah mendapatkan diagnosis, dokter memberikan sejumlah pantangan. Pantangan tersebut salah satunya larangan mengkonsumsi makanan yang manis.

Foto Didiagnosis mengidap ADHD, Fuji mulai kurangi konsumsi makanan manis. (Foto: Instagram @fuji_an)Didiagnosis mengidap ADHD, Fuji mulai kurangi konsumsi makanan manis. (Foto: Instagram @fuji_an)

Hal ini lantaran bagi pengidap ADHD, kandungan gula yang tinggi pada makanan manis dipercaya dapat menyebabkan mereka menjadi hiperaktif

"Itu bisa menyebabkan aku semakin hiperaktif. Misalkan dulu, aku suka nyemil cokelat. Nah habis nyemil coklat aku aktif. Tapi malamnya aku gak bisa tidur terus energinya habis banget," tambahnya.

Dikutip dari kanal YouTube INAHEALTH, dr. Shinta Retno Kusumowati, dokter spesialis kedokteran jiwa RSA UGM, menuturkan bahwa makanan manis yang bisa memicu hyperaktif pada ADHD masih belum jelas karena menurut penelitian yang sudah dilakukan, hasilnya beragam.

Pada beberapa kasus, pengurangan konsumsi gula dapat meringankan gejala ADHD, namun pada penelitian yang lain justru tidak berpengaruh. Hal ini karena setiap individu memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap zat tertentu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Artis Entertainment Fujianti ADHD psikolog terapi makanan manis