Menghabiskan Waktu saat Libur Panjang di Taman Graha Natura 

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

24 April 2023 05:00 24 Apr 2023 05:00

Thumbnail Menghabiskan Waktu saat Libur Panjang di Taman Graha Natura  Watermark Ketik
Komunitas terapi Lin Ting Kung "Seger Waras" sedang latihan di tempat wisata Graha Natura Surabaya. (Foto: Cak Sugiono for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Perkembangan tempat rekreasi/wisata di wilayah Surabaya Barat semakin membaik. . Di Kecamatan Pakal Surabaya misalnya ada Taman Cahaya. Di Sememei ada Taman Anggrek dan Taman Hutan Kota. Lahan aset Pemkot Surabaya dimanfaat untuk tempat rekreasi ini dulu lahan yang dibiarkan kosong. 

Selain kedua tempat rekreasi di atas ada satu lagi taman yang kini sedang populer. Di kawasan kelurahan Lontar ada tempat wisata baru. Graha Natura namanya. Tempat wisata ini memang dalam lokasi kompleks perumahan elit. Tidak jauh dari Citra Land, 

Pengembang perumahan elit ini menyisihkan beberapa hektar lahan untuk tempat wisata. Lokasi wisata Graha Natura ini masih di dalam perumahan elit tersebut.Foto Olahraga di samping kolam tempat Wisata Graha Natura, Lontar Surabaya Barat.  (Foto: Hari for ketik.co.id)Olahraga di samping kolam tempat wisata Graha Natura, Lontar Surabaya Barat. (Foto: Hari for ketik.co.id)

Di dalam Graha Natura ada sebuah sendang (danau kecil). Riwayat sendang ini dulu digunakan warga Lontar untuk air minum bila musim kemarau. Masyarakat di sana kini sudah tidak bingung mendapatkan air bersih. Sebab air PDAM sudah mengalir ke setiap rumah yang berlangganan. 

Nah, penasaran ya. Sendang di kompleks Graha Natura sekarang disulap jadi kolam untuk mendukung taman wisata rekreasi di sana. Kini suasana di tempat tersebut kelihatan asri. Pada malam minggu di taman rekreasi ini dibuka untuk umum, 

Penataan cahaya di sekitar taman didesain cukup bagus dan unik. Di dalam taman ada kafe yang cukup luas. Bangunan kafe yang mirip bangunan ala Eropa ini juga bisa dimanfaatkan untuk acara perkawinan, temu kangen dari berbagai komunitas dan bisa juga untuk ruang rapat para eksekutif. 

Selain danau buatan yang dulu sendang, kini disediakan alat olahraga. Mereka yang menggunakan alat ini gratis. Ada ayunan dan ada alat olahraga untuk penguatkan otot kedua lengan. 

Minggu pagi taman wisata Graha Natura ramai pengunjung. Mereka yang datang di sana para pegowes untuk melepas lelah dan beristirahat. Di sekitar taman juga dimanfaatkan komunitas untuknsenam pagi. Bagi mereka yang ingin menikmati kesejukan Minggu pagi bisa jalan keliling taman yang sudah dipaving. "Rekreasi di sini nyaman dan tanpa dipungut biaya. Ada fasiltas alat olahraga juga," kata Suharto, salah satu anggota konunitas Gowes Madajabha. (*)

Tombol Google News

Tags:

Graha Natura Wisata lebaran