Menengok Persiapan Paskibraka Sleman 2024, Tahun Ini Tampilkan Formasi Lengkap 75 Anggota

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: M. Rifat

1 Agustus 2024 02:05 1 Agt 2024 02:05

Thumbnail Menengok Persiapan Paskibraka Sleman 2024, Tahun Ini Tampilkan Formasi Lengkap 75 Anggota Watermark Ketik
Paskibraka Kabupaten Sleman tahun 2024 tengah menjalani latihan di lapangan Pemkab Sleman (31/7/2024). (Foto: Jalu/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Setelah bertahun-tahun sebelumnya di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora), untuk pertama kalinya pada 2024 Paskibraka Kabupaten Sleman diampu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Sleman. Menariknya, tahun ini Paskibraka Kabupaten Sleman bakal menampilkan semua formasi dengan jumlah anggota 75 siswa.

Di sela-sela mendampingi proses latihan Paskibraka Kabupaten Sleman 2024 di lapangan Pemda Sleman Rabu (31/7/ 2024), Kepala Bidang Bina Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Pemkab Sleman Bagus Jalu Anggara menyampaikan ke Ketik.co.id.

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, pembentukan Paskibraka tidak disiapkan sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tetapi sekaligus menjadi program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Bagus menyebutkan, jumlah anggota Paskibraka Sleman tahun ini sebanyak 75 personil dengan rincian 41 siswa dan 34 siswi. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia paparkan, pada 2020 sebanyak 8 anggota, tahun 2021 sebanyak 9 anggota, 2022 jumlahnya 36. Sementara tahun 2023 sebanyak 38 anggota.

Ia sampaikan juga, Paskibraka merupakan putra-putri terbaik bangsa, kader pemimpin bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap serta berjenjang. Melalui sistem dan mekanisme pendidikan, pelatihan dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan, penguatan aspek mental dan fisik.

Ini agar merea memiliki kemampuan prima dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera. Di samping itu, keberadaan Paskibraka Kabupaten Sleman melalui proses seleksi wilayah yang ketat sejak Februari 2024.

Tercatat, jumlah pendaftar lebih dari 600 siswa. Sementara yang dipilih hanya berjumlah 75 siswa/siswi. Mereka diberikan kepercayaan dalam mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus mendatang.

Foto Wabup Sleman Danang Maharsa (baju merah) melihat secara langsung proses latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sekaligus memberikan semangat motivasi. (Foto: Jalu/Ketik.co.id)Wabup Sleman Danang Maharsa (baju merah) melihat secara langsung proses latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sekaligus memberikan semangat motivasi. (Foto: Jalu/Ketik.co.id)

Nah, untuk mempersiapkan semua itu, sebut Bagus Jalu Anggara, mereka menjalani latihan setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Di bawah bimbingan 4 pelatih dari unsur Polri, 4 pelatih dari TNI AD, 2 pelatih dari TNI AU serta para senior mereka dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sleman.

Sedangkan lokasi latihan Paskibraka tidak hanya bertempat di lapangan Pemkab Sleman. Tetapi juga di lapangan Hargobinangun, Pakem dan lapangan TGP Margoluwih, Seyegan.

Hal tersebut dimaksudkan agar mereka tidak jenuh latihan pada satu lokasi. Sekaligus untuk membiasakan anak-anak tersebut menghadapi medan yang berbeda-beda.

Dengan terus dilatih secara intens, Bagus berharap targetnya Paskibraka Sleman bisa memenuhi standar Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Foto Sebanyak 75 anggota Paskibraka Sleman 2024 foto bersama Wabup Sleman. (Foto: Jalu/Ketik.co.id)Sebanyak 75 anggota Paskibraka Sleman 2024 foto bersama Wabup Sleman. (Foto: Jalu/Ketik.co.id)

Itu sebagaimana telah diubah dengan Peraturan BPIP Nomor 5 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 3 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Disambangi Wabup Sleman

Belum lama ini proses latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sleman tahun 2024 juga mendapat perhatian dari Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Tidak hanya melihat secara langsung, Danang memberikan semangat motivasi kepada semua anggota Paskibraka. Dia juga menekankan untuk bersungguh-sungguh dalam menjalani latihan.

"Kedisiplinan, kegigihan, dan kerja keras adalah modal dasar dalam menjalankan tugas tersebut," tegasnya.

Menurut Danang, kebanggaan akan lancarnya menjalankan tugas nantinya tidak semata-mata hanya untuk para anggota Paskibraka saja. Melainkan juga kebanggaan buat para orang tua, Pemkab Sleman, maupun masyarakat luas.

Dalam kesempatan tersebut Danang juga berpesan untuk menjalankan dan mensukseskan tugas Paskibraka. Karena ini bagian dari pengorbanan pemuda sebagai wujud arti ekspresi Kemerdekaan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Paskibraka Sleman 2024 Peraturan Presiden RI Nomor 51 tahun 2022 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kesbangpol Pemkab Sleman Wabup Sleman Purna Paskibraka Indonesia PPI Sleman