Mendapat Teguran KPI Pusat, Ivan Gunawan Memilih Mundur dari Brownies

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

9 Januari 2024 08:01 9 Jan 2024 08:01

Thumbnail Mendapat Teguran KPI Pusat, Ivan Gunawan Memilih Mundur dari Brownies Watermark Ketik
Ivan Gunawan memilih mundur dari Brownies setelah ditegur KPI terkait penampilannya. (Foto: Instagram @ivan_gunawan)

KETIK, JAKARTA – Setelah mendapatkan teguran dari KPI Pusat terkait penampilannya yang dinilai menormalkan laki-laki berpenampilan seperti perempuan, Artis Ivan Gunawan akhirnya memutuskan hengkang dari program Brownies yang sudah dibawakannya selama 6 tahun bersama Ayu Ting Ting, Ruben Onsu, dan Wendy Cagur.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Ivan saat memandu Brownies pada Senin (8/1/2024) yang sekaligus menjadi penampilan terakhirnya di program tersebut. Ivan sekaligus berpamitan kepada semua teman dan kru yang terlibat, dan menemaninya selama memandu Brownies.

"Keputusan aku sudah bulat, ini bukan gimik, aku ngomong secara sadar, enggak emosi, enggak marah-marah," jelasnya 

"Aku mungkin merasa bahwa karier aku di entertainment, di Brownis, aku harus akhiri hari ini," sambungnya.

Desainer 42 tahun tersebut mengaku akan tetap berkarya dan menjadi dirinya sendiri seperti yang selama ini dilakukan. Selama 20 tahun bergelut di dunia entertainment, Ivan Gunawan terlihat sangat mencintai dunia yang telah membesarkan namanya hingga saat ini.

"Dua puluh tahun aku berada di entertainment aku menjalani semuanya dengan setulus hati, dengan cinta, aku nggak pernah menjadi orang lain, aku tetap menjadi aku," tambahnya.

Sebelumnya pada 3 Januari 2024 melalui akun instagram resminya KPI Pusat menegur Ivan Gunawan karena dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI tahun 2012.

Pelanggaran yang dimaksudkan terjadi di program Brownies yang ditayangkan pada 30 Desember 2023, pukul 12.38 WIB. Pada saat itu menurut KPI, Ivan Gunawan disinyalir menggunakan riasan, pakaian, aksesoris dan bahasa tubuh yang mengarah pada kewanitaan.

Mendapat teguran tersebut, awalnya pria yang akrab disapa Igun tersebut tidak tinggal diam. Ia memberikan penjelasan terkait outfit yang dikenakannya. Igun kemudian menyesalkan sikap KPI yang menudingnya pakai baju perempuan.

"Konsep bday kita itu back to 60's jadi kita pake ala tahun 60-an. Lo semua cek aja tahun segitu, orang-orang gayanya kaya apa ke pesta,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Brownies Ivan Gunawan teguran pamit KPI Pusat Entertainment