Mencicip Ayam Bakar Madu di Maha Ruang Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

6 Juni 2023 20:30 6 Jun 2023 20:30

Thumbnail Mencicip Ayam Bakar Madu di Maha Ruang Kota Batu Watermark Ketik
Pelanggan sedang menunggu pesanan di Kedai Maha Ruang di Jalan Pattimura Gang 6 No 20 Kota Batu, Jawa Timur, Selasa (6/6/2023). (Foto Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Berwisata ke Kota Batu Jawa Timur tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner yang ada di kota dingin ini. Saat anda berwisata ke Kota Batu menu Ayam Bakar Madu di Kedai Maha Ruang ini patut dicoba. Rasa pedas, gurih dan manis madu memiliki kesan tersendiri. Sehingga menyempurnakan wisata anda ke Kota Batu.

Achmad Fachrudin Yusuf, Owner Kedai Maha Ruang mengatakan, ia menggunakan sambal terasi sebagai pelengkap ayam bakar madu. Sambal terasi diolah dengan menggunakan bumbu dan bahan berkualitas.  

Foto Menu nasi ayam bakar madu di Kedai Maha Ruang di Jalan Pattimura Gang 6 No 20 Kota Batu, Jawa Timur. (FOTO: Sholeh/ Ketik.co.idMenu nasi ayam bakar madu di Kedai Maha Ruang di Jalan Pattimura Gang 6 No 20 Kota Batu, Jawa Timur. (FOTO: Sholeh/ Ketik.co.id

"Memang banyak ayam bakar madu di tempat lain atau bahkan di Kota Batu. Tapi ayam bakar madu di tempat saya menggunakan bahan pilihan. Mulai dari bumbu, ayam hingga cabai sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda," katanya, Selasa (6/6/2023).

Proses memasak ayam bakar madu sama seperti membakar ayam pada umumnya. Hanya saja bumbu yang dioleskan pada ayam dicampur dengan madu. Sebelum dibakar, ayam juga telah dimasak dan dibumbui. Sehingga bumbu meresap hingga ke daging ayam.

"Dalam satu porsi ayam bakar madu kami lengkapi dengan lalapan mentimun dan kemangi. Satu porsi itu termasuk nasi," tambahnya.

Ayam bakar madu di Kedai Maha Ruang saat ini telah memiliki pelanggan setia di Kota Batu. Dalam sehari 80 hingga 100 porsi Ayam Bakar Madu ludes untuk memanjakan lidah pelanggan. 

"Saya baru memulai usaha ini satu tahun lalu waktu pandemi. Cuma dulu cuma melayani take away. Sekarang saya buka kedai untuk pelanggan yang ingin makan di tempat," tambahnya.

Kedai yang berada di Jalan Pattimura Gang 6 No 20 Kota Batu itu juga menyediakan menu lainnya. Yaitu nasi ayam geprek, ayam lada hitam, ayam lalapan, ayam katsu, chicken fire dan ayam krispi.

Ayam geprek di kedai Maha Ruang memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang lain. Ada pilihan tiga sambal sebagai pelengkap ayam geprek di kedai Maha Ruang. Yaitu sambal bawang, sambal terasi dan sambal matah.

"Kebanyakan ayam geprek ditabur dengan sambal bawang. Namun di kedai Maha Ruang, ayam geprek dipadukan dengan sambal terasi dan sambal matah," jelasnya.

Untuk makanan ringan, kedai ini juga menyediakan bakmi goreng, bakmi, sop baso ikan, sosis bakar, cireng, seblak dan kentang goreng. Sedangkan minuman, teh panas atau dingin, jeruk, kopi susu, kopi hitam, lemon tea, dan latte ice.

"Untuk harga saya kira cukup terjangkau, mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu untuk nasi ayam. Sedangkan harga makanan ringan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 17 ribu," urainya.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu ayam bakar madu Kuliner