Melihat Keindahan Angel Falls, Air Terjun Tertinggi di Dunia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Januari 2024 01:05 28 Jan 2024 01:05

Thumbnail Melihat Keindahan Angel Falls, Air Terjun Tertinggi di Dunia Watermark Ketik
Air Terjun Angel Falls. (Foto: Shutterstock)

KETIK, JAKARTA – Hobby travelling dengan mengunjungi wisata alam yang menakjubkan ? Mungkin air terjun angel falls ini bisa menjadi tujuan selanjutnya.

Terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela, air terjun ini memiliki ketinggian 979 meter. Selain itu angel falls menyandang gelar sebagai air terjun paling berbahaya di dunia.

Bukan hanya dianggap salah satu yang paling berbahaya, Angel Falls juga menjadi salah satu keajaiban alam di dunia yang paling mempesona.

Sebelum pertengahan 1950-an, air terjun ini adalah keajaiban yang tidak diketahui. Bahkan suku asli Kamarakotos Pómon yang menempati lembah di samping Auyán-tepu menjauh, percaya bahwa lokasi terpencil Angel Falls menyimpan roh jahat.

Pada tahun 1933, penambang emas Amerika Serikat, James Crawford ('Jimmie') Angel, menemukan Angel Falls secara tidak sengaja, dan langsung terbang di atas gunung dengan monoplane Flamingo-nya saat mencari tempat tidur bijih.

Jika kamu berniat untuk mengunjungi air terjun ini pastikan kamu tidak fobia ketinggian, karena satu satunya cara kesana hanyala melalui udara dikarenakan tidak ada akses darat sama sekali.

Maskapai penerbangan Rutaca dan Avior menyediakan penerbangan ke dan dari landasan udara di kamp Canaima. Penumpang akan terbang di atas hutan lebat yang masih belum tersentuh oleh manusia, gunung-gunung kuno, hingga banyak sungai yang berkelok-kelok.

Pengunjung taman nasional umumnya terbang dari kota kolonial Ciudad Bolivar atau Ibu Kota Venezuela, Caracas. Namun, banyak pula yang memilih untuk menggunakan pesawat pribadi.

Setelah sampai di Taman Nasional Canaima, para pengunjung akan menggunakan perahu untuk mencapai ke Angel Falls. Kano bermotor melakukan perjalanan ke hulu antara Mei dan Januari. 

Butuh waktu lama untuk mencapai air terjun ini. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar lima jam untuk mencapai air terjun dengan melewati sungai yang berkelok-kelok, berpinggiran dengan hutan lebat, dan penuh dengan satwa liar yang eksotis. Kano juga akan meluncur di atas batu-batu besar melalui sungai yang mengalir deras.

Dari laguna, pengunjung kemudian melakukan perjalanan melalui hutan Venezuela yang rimbun, ke berbagai titik pandang. Jika aliran air terjunnya cukup deras, wisatawan dianjurkan untuk berenang di kolam yang terbentuk dari air yang jatuh.(*)

Tombol Google News

Tags:

internasional Wisata Alam air terjun Angel Falls Venezuela