Masuk Musim Hujan, Warga Kota Malang Khawatirkan Banjir

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

2 Agustus 2024 05:50 2 Agt 2024 05:50

Thumbnail Masuk Musim Hujan, Warga Kota Malang Khawatirkan Banjir Watermark Ketik
Ilustrasi banjir di Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Beberapa hari ini hujan telah melanda sebagian wilayah di Kota Malang. Hal tersebut membuat warga khawatir akan datangnya banjir.

Pasalnya ketika Kota Malang dilanda hujan berjam-jam dengan intensitas tinggi, beberapa daerah seperti di Purwantoro, Soekarno-Hatta, dan titik-titik lainnya menjadi langganan banjir.

Keresahan disampaikan Maniso, Ketua LPMK Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. Menurutnya Kelurahan Pandanwangi khususnya di RW 12 sering menjadi area penampungan air dari daerah sekitar.

"Menjelang musim hujan biasanya banjir. Di Purwantoro ada aliran sungai menuju Pandanwangi. Di RW 12 karena tidak bisa menampung, akhirnya masuk ke pemukiman warga dan airnya membawa sampah," ujarnya, Jumat (2/8/2024).

Tak hanya itu, saat hujan di saluran air area lapangan sepak bola Gadungan, Pandanwangi, air dapat meluber hingga ke badan jalan. Hal tersebut dinilai dapat mengganggu aktivitas pengguna jalan.

Para warga menginginkan adanya pelebaran saluran air di daerah tersebut agar dampak hujan deras yang dirasakan warga dapat berkurang.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turut menanggapi keluhan warga. Ia menyampaikan bahwa persoalan banjir di Kota Malang khususnya Pandanwangi telah masuk dalam masterplan drainase.

"Pemkot akan menyelesaikan mengenai banjir tersebut. Tapi perlu di ingat kesadaran masyarakat juga masih kurang terkait dengan banjir tersebut. Tapi yang jelas tahapan penyelesaian banjir yang di sampaikan ke kami akan segera kami tindak lanjuti," ujar Wahyu.

Penuntasan banjir di Kota Malang sendiri telah direncanakan tuntas pada tahun 2028. Selain melakukan perbaikan saluran drainase, melalui DPUPRPKP Kota Malang, normalisasi saluran air juga telah sering dilakukan.

"Tahapan itu sudah jelas ada normalisasi, kemudian nanti ada sudetan-sudetan yang nanti akan dianggarkan dan disesuaikan. Apabila tadi ada penyempitan volume drainase nanti akan kami sesuaikan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Banjir Kota Malang Kota Malang Hujan deras banjir