Mario Aji Optimis Cetak Poin Lagi di GP Italia Sore Ini, Start dari P18

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

11 Juni 2023 03:28 11 Jun 2023 03:28

Thumbnail Mario Aji Optimis Cetak Poin Lagi di GP Italia Sore Ini, Start dari P18 Watermark Ketik
Mario Aji di sirkuit Mugello, Sabtu (10/6/2023). (Foto: Honda Team Asia)

KETIK, JAKARTA – Pembalap grand prix Moto3 Indonesia, Mario Aji bakal start dari posisi 18 (P18) pada balapan GP Italia di sirkuit Mugello sore nanti. Start dimulai pukul 16.00 WIB.

Dari hasil kualifikasi Mario Aji seharusnya start dari posisi ke-26. Namun, karena ada 5 pembalap di depannya mendapatkan penalti, starting grid rider asal Magetan, Jawa Timur itu naik delapan posisi.

Situasi ini membuka peluang Mario Aji mengulang kesuksesannya tahun lalu di Mugello. Saat itu dia berhasil pulang dengan membawa poin dari sirkuit tersebut dengan finis di posisi 13.

Namun yang harus diwaspadai di sesi kualifikasi (Q) kemarin Mario Aji tampak kesulitan menembus 10 besar.

"Di akhir FP3 (latihan bebas 3), saya sudah merasa nyaman dengan ban tapi masalahnya kami tidak mendapat lap yang cukup untuk membuat setting yang pas untuk ban baru," ucap Mario dalam siaran resmi Honda Team Asia, Minggu (11/6/2023).

"Di Q1 juga sama, ditambah lagi saya terhambat banyaknya pembalap yang menunggu di tikungan terakhir," tambahnya dirilis yang sama.

Seperti diketahui, melewati tikungan terakhir sirkuit Mugello dengan baik merupakan kunci mencapai kecepatan yang bagus pada trek lurus sepanjang 1,141 kilometer di sirkuit ini.

Para pembalap berharap mencapai lap time tercepat jika menguntit pembalap lain tepat di belakangnya atau melakukan slipstream. Itu yang menjadi alasan banyak pembalap dalam posisi menunggu di tikungan akhir pada kualifikasi.

Efek slipstream yang signifikan serta aksi saling tunggu dan melaju lambat di pinggiran racing line selama ini memang menjadi salah satu masalah besar di kelas Moto3 yang dihadapi FIM dan Dorna.

Kehadiran 'gerombolan' rider tersebut sedikit banyak mengganggu pembalap yang sedang menjalani flying lap.

"Karena itu, saya kehilangan banyak waktu di sana (lintasan lurus) dan tidak bisa mendapatkan waktu yang ideal," keluh Mario.

"Kami harus mengevaluasi apa yang akan kami lakukan pada balapan nanti, karena tahun lalu saya bisa menjalani balapan dengan baik dan mencetak poin, hal tersebut membuat saya tetap termotivasi," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Moto3 MotoGP GP Italia