Mahasiswa Baru UC Surabaya Catatkan Rekor Muri Baru

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

1 September 2023 11:16 1 Sep 2023 11:16

Thumbnail Mahasiswa Baru UC Surabaya Catatkan Rekor Muri Baru Watermark Ketik
Pencatatan Rekor Muri Mahasiswa Baru UC Surabaya karena BMC Terbanyak di Indonesia. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Inovasi terus dilakukan oleh Universitas Ciputra Surabaya untuk mendorong mahasiswa agar dari awal pembelajaran sudah mengetahui potensi diri di bidang enterpreneurship. 

Untuk mendukung hal tersebut, Universitas Ciputra Surabaya menggelar ospek yang disebut Oweek dan mencatatkan Rekor Muri baru sebagai Bussiness Model Canvas (BMC) terbanyak di Indonesia. 

BMC yang tercatat di Rekor Muri karena sejumlah 1.334 hasil BMC yang dipamerkan di Ciputra World Surabaya. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh perguruan tinggi di Indonesia. 

Perwakilan Muri, Andre Puwandono menjelaskan Muri memiliki tiga kategori utama, dan yang didapatkan UC adalah superlative, yaitu rekor yang bisa dihitung. 

“BMC ini merupakan BMC terbanyak yang dilakukan mahasiswa baru. Uniknya memang belum ada universitas yang membuat rekor seperti ini. Dan Universitas Ciputra menjadi pionir di Indonesia untuk rekor ini,”terangnya di Ciputra World Surabaya, Jumat (1/9/2023). 

Foto BMC Maze sejumlah 1334 hasil dari Maba UC Surabaya yang tercatat Rekor Muri Indonesia. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)BMC Maze sejumlah 1.334 hasil dari Maba UC Surabaya yang tercatat Rekor Muri Indonesia. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc Rektor Universitas Ciputra, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai pembentukan sikap dan menumbuhkan jiwa enterpreneurship untuk mahasiswa baru UC Surabaya. 

"Jadi ini upaya memulai DNA entrepreneur maba kami, dan sudah terkumpul 1.307 BMC dari tiap maba," ujarnya.

Selain itu, tujuan dari BMC adalah mengenalkan pada mahasiswa baru untuk menjadi entrepreneur. Apalagi mahasiswa UC akan membuat banyak BMC selama masa studinya. Dan BMC kali ini merupakan BMC pertama yang dibuat oleh mahasiswa baru. 

Novi Rosita, Head Student Leadership and Development UC memaparkan BMC menjadi bagian dari project dalam O-Week. Pasalnya, O-Week bertujuan menyambut dan mempersiapkan mahasiswa baru agar di masa mendatang mampu menciptakan lapangan kerja baru. 

"Tak sekedar BMC, di lokasi yang sama terdapat 130 booth produk-produk mahasiswa baru yang merupakan perwujudan dari BMC," paparnya. 

Foto Mahasiswa baru saat memasarkan produknya di O Week Ciputra World Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Mahasiswa baru saat memasarkan produknya di O Week Ciputra World Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Universitas Ciputra menggelar O-Week selama 5 hari, dan pada hari ke 5 ini, mahasiswa baru yang sebelumnya sudah dibekali dengan materi BMC.Mereka menjual hasil BMC di BMC Maze yang berlokasi di Mini Atrium First Floor Ciputra World Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Ciputra Surabaya UC Surabaya Rekor MURI BMC Bussiness Model Canvas O Week