Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak, 69 Peserta Siap Jadi Pemimpin Pembelajaran di Gresik

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: Marno

28 Oktober 2023 07:36 28 Okt 2023 07:36

Thumbnail Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak, 69 Peserta Siap Jadi Pemimpin Pembelajaran di Gresik Watermark Ketik
Salah satu Pengajar Praktik (PP) saat memaparkan materi pada Calon Guru Penggerak (CGP) (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Guna menjabarkan Merdeka Belajar di kalangan pendidik,  dilakukan proses dalam beberapa episode program.  Salah satu yang diluncurkan adalah Pendidikan Guru Penggerak (PGP)untuk membekali guru menjadi pemimpin pembelajaran.

Lokakarya 5 PGP angkatan 8 di Wilayah Provinsi Jawa Timur, untuk Kabupaten Gresik di SMA Negeri 1 Manyar (28/10/2023), diikuti 69 Calon Guru Penggerak (CGP) dan 10 Pengajar Praktek (PP). 

Foto Drs Subijanto kordinasi penanggung jawa kegiatan bersama Pengajar Praktik . (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Drs Subijanto kordinasi penanggung jawa kegiatan bersama Pengajar Praktik. (Foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

Menurut Drs Subijanto penanggung jawab acara tersebut, diharapkan peserta mampu menumbuh kembangkan potensi peserta didik agar memiliki Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.

Lebih lanjut Subijanto memaparkan, untuk mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045 dan memanfaatkan bonus demografi, pemerintah terus melakukan berbagai macam langkah dan upaya untuk terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Terutama melalui jalur Pendidikan. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, salah satu upaya Pemerintah adalah dengan berfokus pada pengembangan SDM yang dilaksanakan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan manajemen talenta,' ujar Subijanto dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur. 

"Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai penyelenggara urusan pemerintahan di bidang pendidikan berusaha untuk mewujudkan hal tersebut melalui kebijakan Merdeka Belajar," tambahnya. 

Sementara Drs Fathul Alim, M.Si,  ketua panitia mengatakan,  tujuan lokakarya ini, agar Calon Guru Penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi.

Foto Pembelajaran kelas Gresik 2, dalam bentuk diskusi,  (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)Pembelajaran kelas Gresik 2, dalam bentuk diskusi, (foto: Sutejo Rc/ketik.co.id)

Selain itu CGP,  dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut.

"Disamping CGP dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program," tambah Kasi SMA-PKPLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gresik

Dalam lokakarya ini dibuat dalam bentuk diskusi, presentasi, kerja kelompok, refleksi dan evaluasi. Peserta dari pengajar mulai TK, SD,  SMP dan SMA/SMK.  (*)

Tombol Google News

Tags:

Loka karya pendidikan Calon Guru Penggerak Jatim. Pengajar Praktik BBGP Propinsi Jatim Diknas Gresik