Logistik Pemilu 2024 Tuban Sudah Tiba di Tingkat PPK Kecamatan

Jurnalis: Ahmad Istihar
Editor: M. Rifat

10 Februari 2024 09:38 10 Feb 2024 09:38

Thumbnail Logistik Pemilu 2024 Tuban Sudah Tiba di Tingkat PPK Kecamatan Watermark Ketik
Proses kedatangan Perlengkapan dan Dukungan logistik pemilu 2024 di Gudang PPK Senori (10/02/2024)(Foto: Ahmad Istihar/Ketik.co.id)

KETIK, TUBAN – Komponen Logistik pemilu menjadi bagian penting saat pelaksanaan proses pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Agar memahami dengan lebih jelas, berikut paparan seputar logistik Pemilu 2024 menurut KBBI, Logistik adalah pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan. Seperti namanya, logistik pemilu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pemilu dari awal sampai akhir.

Lebih lanjut dipaparkan KPU bersama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah menerapkan pengadaan melalui Katalog Elektronik Nasional untuk memenuhi logistik Pemilu 2024.

Jenis Logistik Pemilu

Berdasarkan informasi dibagikan lewat laman resmi KPU Kabupaten Tuban, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan tentang jenis logistik Pemilu dibutuhkan.

"Ada dua macam logistik. Pertama, logistik utama, seperti surat suara, sebagai sarana mengekspresikan hak pilih masyarakat, dan formulir perhitungan dan rekapitulasi sebagai sarana mengadministrasikan proses pemilu. Kedua, logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos," ucapnya.

Foto Kotak Surat Suara dan isinya di Gudang logistik PPK SenoriKotak Surat Suara dan isinya di Gudang logistik PPK Senori (Foto: Istihar/Ketik.co.id)

Merujuk dari logistik pemilu tahun 2019 yang dibagikan dalam laman resmi Sistem Informasi Logistik dan Distribusi Pemilu, berikut uraian lengkap logistik pemilu yang diperlukan:

1. Perlengkapan Pemungutan Suara

Kotak suara

Surat suara

Tinta

Bilik pemungutan suara,

Segel

Alat untuk mencoblos pilihan

2. Dukungan Perlengkapan Lainnya

Sampul kertas

Tanda pengenal KPPS/KPPSLN

Tanda pengenal petugas keamanan TPS/TPSLN

Tanda pengenal saksi

Karet pengikat surat suara

Lem/perekat

Kantong plastik

Ballpoint

Gembok

Spidol

Formulir untuk berita acara dan sertifikat

Stiker nomor kotak suara

Tali pengikat alat pemberi tanda pilihan

Alat bantu tunanetra

Sementara Logistik Pemilu 2024 diterangkan laman resmi KPU RI, dibagikan timeline yang berisi detail rencana pemenuhan logistik Pemilu 2024.

Saat ini proses pemenuhan logistik Pemilu 2024 telah mencapai pergerakan atau distribusi ke masing - masing kecamatan atau jajaran PPK untuk kemudian di distribusikan ke PPS sampai KPPS di Tanggal 13-14 Februari 2024.

Ketua PPK Senori Ahmad Istihar menjelaskan bahwa proses pendistribusian logistik pemilu 2024 mencakup perlengkapan dan dukungan pemungutan suara, telah sampai di gudang logistik PPK Senori pada 09 Februari sore menggunakan 5 kendaraan truk milik kantor pos dengan rincian jenis perlengkapan total 630 kotak suara untuk 126 TPS dan bilik suara 4 kali 126 TPS sejumlah 504 bilik suara, dan jenis dukungan Tungsura telah sesuai kebutuhan.

"Alhamdulillah, Perlengkapan dan dukungan logistik Pemungutan Suara di Kecamatan Senori sudah lengkap," kata dia.

Istihar menambahkan proses kedatangan dari gudang KPU Tuban ke Gudang PPK Senori, pun pergeseran Surat Suara dan isinya dilakukan dengan pengawalan ketat dari pihak TNI-POLRI dan satpol PP juga panwaslu.

"Proses kedatangan dan pergeseran Surat Suara dan isinya di kawal oleh pihak keamanan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Logistik Surat Suara PPK PPS KPPS pemilu2024 Pileg2024