Lika-Liku Tukang Cat Mobil di Jalan Pawiyatan: Belajar Otodidak, Upah Tak Menentu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 Mei 2024 12:15 17 Mei 2024 12:15

Thumbnail Lika-Liku Tukang Cat Mobil di Jalan Pawiyatan: Belajar Otodidak, Upah Tak Menentu Watermark Ketik
Sunarko dibantu rekannya Sutoyo saat mengerjakan mobil milik pelanggan. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Jika melintas di sepanjang Jalan Pawiyatan Surabaya, anda akan melihat banyak sekali tukang motor dan mobil yang berjejeran di pinggir jalan. Setiap kali ada pengendara yang lewat, mereka selalu sigap melambaikan tangan untuk menawarkan jasanya.

Salah satunya adalah Sunarko. Pria asal Bojonegoro ini sudah sekitar 25 tahun menggeluti dunia cat motor dan mobil. Bersaing dengan teman seprofesi, dirinya juga getol menawarkan jasanya kepada para pengguna jalan yang lewat.

Sembari meracik cat dirinya menceritakan, jika dulu keahliannya tersebut didapat dari belajar kepada temannya. Sebelum membuka usaha cat sendiri dirinya ikut dengan seorang teman selama kurang lebih 15 tahun.

"Ini saya dulu belajar dari teman. Dulu ikut kurang lebih 15 tahunan. Lalu buka sendiri sudah 10 tahunan," jelasnya kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (17/5/2024).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan untuk tarif cat tentunya bervariasi. Tergantung tingkat kesulitan dan lebar objek yang akan di cat. Untuk mobil berkisar antara Rp 150 ribu hingga Rp 1 juta, sedangkan untuk motor antara Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu.

Foto Selain mobil, tukang cat juga melayani pengecatan motor. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Selain mobil, tukang cat juga melayani pengecatan motor. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Kalo tarif tergantung yang dicat seluas apa. Selain cat saya juga bisa ketok magic harganya sudah termasuk dengan catnya," imbuhnya.

Dalam menjalankan usahanya Sunarko dibantu oleh rekannya yakni Sutoyo. Sutoyo sendiri sudah menggeluti bidang ini sejak tahun 1998, dirinya mendapatkan keahlian tersebut saat belajar dari saudaranya dahulu.

Berbicara mengenai penghasilan, tentu saja uang yang mereka kumpulkan tergantung dari banyaknya pelanggan setiap harinya. Banyak suka duka yang mereka lalui, tak jarang mereka harus pulang dengan tangan kosong karena tidak dapat pelanggan sama sekali.

"Kadang sehari bisa dapat 2 pelanggan, kadang juga 1. Nggak menentu kadang juga tidak dapat sama sekali," tambah Sutoyo.

Tentu untuk menyiasati hal tersebut mereka harus memutar otak agar uang yang mereka dapat bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Setiap hari mereka bekerja mulai dari pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

"Kalo dari ini sih cukup nggak cukup ya harus dicukup-cukupin mas. Karena memang penghasilannya tidak menentu, kembali lagi pintar pintarnya kita atur keuangan," paparnya.

Salah satu pelanggan, Triyono menuturkan dirinya cukup sering melewati daerah tersebut dan tertarik untuk mencoba mengecat mobilnya. Menurutnya ditempat ini pengerjaannya cepat dan banyak pilihan warna yang bisa dipilih.

"Saya sebelumnya sering lewat dan tertarik untuk coba. Disini kelebihannya waktu pengerjaannya cepat sehingga menunggunya tidak perlu lama-lama," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tukang cat motor dan mobil Jalan Pawiyatan Surabaya otomotif Sosial Modifikasi