Lepas Jemaah Pulang ke Indonesia, Menag Minta Maaf atas Kekurangan Penyelenggaraan Haji

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

5 Juli 2023 00:30 5 Jul 2023 00:30

Thumbnail Lepas Jemaah Pulang ke Indonesia, Menag Minta Maaf atas Kekurangan Penyelenggaraan Haji Watermark Ketik
Menag RI Yaqut Cholil Qoumas (4/7/2023). (Foto: MCH 2023)

KETIK, JAKARTA – Menag RI Yaqut Cholil Qoumas melepas kepulangan jemaah haji Indonesia Kloter BTH 01 ke tanah air di Syisyah, Makkah, Arab Saudi, Selasa malam waktu setempat (4/7/2023).

Di kesempatan itu, Gus Yaqut panggilan akrabnya meminta maaf kepada seluruh jemaah haji Indonesia yang hendak pulang ke Tanah Air terkait kekurangan yang terjadi selama pelayanan haji 1444 Hijriah/2023 di Arab Saudi.

"Pasti ada kekurangan di sana-sini, saya mohon keikhlasan bapak-ibu sekalian memaafkan kami, memaafkan petugas-petugas kami atas segala kesalahan. Yang kami lakukan baik itu sengaja maupun tidak kepada bapak-ibu sekalian," kata Yaqut dalam pesannya di Syisyah, Makkah, Arab Saudi (4/7/2023) dilansir Media Center Haji.

Yaqut juga melepas kepulangan jemaah haji Indonesia dari Makkah, ke Tanah Air, Senin (3/7/2023) sore. Jemaah haji tersebut tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Batam (BTH 01).

Mereka dijadwalkan terbang melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah pada Selasa (4/7/2023). Tepatnya, pada pukul 00.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Semoga kepulangan para jemaah ke Tanah Air dalam keadaan sehat. Titipkan salam takzim kepada keluarga para jemaah yang telah menanti di Tanah Air," ucap Yaqut.

Gus Yaqut menegaskan Kemenag RI berkomitmen melayani seluruh masyarakat Indonesia yang akan berangkat haji pada tahun-tahun berikutnya. Diharapkannya, seluruh jemaah haji Indonesia 2023 semuanya mabrur.

"Dan tentu yang ketiga kami mendoakan bapak ibu sekalian. Pulang kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur," harap Yaqut. (*)

Tombol Google News

Tags:

Menag Ibadah Haji Gus Yaqut