Lampaui Target, Bupati Cianjur Panen Perdana Bawang Merah di Cijati

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

18 Oktober 2023 05:15 18 Okt 2023 05:15

Thumbnail Lampaui Target, Bupati Cianjur Panen Perdana Bawang Merah di Cijati Watermark Ketik
Bupati Cianjur Herman Suherman melakukan panen raya di Cijati (18/10/2023). (Foto: Humas Pemkab Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman menyebutkan lima program unggulan Pemkab yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 sudah banyak yang melampaui target meski RPJMD tersebut baru berjalan tiga tahun.

"Kelima program tersebut yakni pembangunan 1.000 km jalan beton, pemberdayaan 10.000 UMKM, peningkatan produktivitas 1.000 hektar lahan pertanian, pemberdayaan 1.000 pesantren/kobong dan Cianjur Caang 1.000 kampung," kata Bupati kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan tertulis, Rabu (18/10/2023).

Salah satunya adalah Bupati Kabupaten Cianjur melakukan kegiatan panen perdana Bawang Merah di daerah selatan, tepatnya di Kecamatan Cijati yang berjarak kurang lebih 80 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan dari pusat kota.

"Ya alhamdulillah kita telah melaksanakan panen perdana Bawang Merah di Kecamatan Cijati, daerah Cianjur Selatan," imbuhnya penuh sumringah.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan 5 program unggulan Kabupaten Cianjur yaitu peningkatan produktivitas 1000 hektar lahan pertanian.

"Saya ingin hasil produksi pertanian bawang merah dari Cijati ini minimalnya bisa memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Cianjur yang selama ini sebagian besar masih disuplai dari daerah lain," ujarnya menambahkan.

Lanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa kebutuhan di pasar induk Cianjur saja per hari sekitar 1,5 ton/hari jadi bagi para petani bawang merah sangatlah berpeluang untuk mengembangkan pertaniannya.

Sementara itu Kepala Dinas TPHPKP Cianjur, Nurdiyati melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah untuk meningkatkan produksi bawang merah di Kabupaten Cianjur, menambah variasi tanaman pertanian untuk mengurangi risiko gagal panen, meningkatkan sumber pendapatan bagi anggota kelompok tani melalui penjualan bawang merah, membantu mengembangkan pasar lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani.

"Lebih luasnya lagi agar meningkatnya produktivitas 1.000 ha lahan pertanian guna mewujudkan Cianjur yang mandiri, maju religius dan berakhlak mulia," beber Nurdiyati.

Pihaknya menjelaskan, adapun sarana yang diberikan terhadap kelompok tani berupa benih bawang merah, pupuk organik padat, pupuk NPK, kapur pertanian, mulsa, insektisida, fungsida, drum plastik, ember dan hansprayer.

"Para petani yang menerima manfaat tersebut antara lain kelompok tani/Gapoktan Sawala, Sauyunan, Tegal Onyam, Sabar tani. Singayuda, Tugu Mulya dan Mandiri tani," tutup Nurdiyati.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Cianjur Herman Suherman Panen raya Cijati