Kunjungi Kantor SAR Bandung, Pemerintah Australia Antisipasi Warganya Terdampak Bencana

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

22 Mei 2024 02:15 22 Mei 2024 02:15

Thumbnail Kunjungi Kantor SAR Bandung, Pemerintah Australia Antisipasi Warganya Terdampak Bencana Watermark Ketik
Delegasi Konsulat Australia kunker ke Kantor SAR Bandung dalam rangka membahas kebencanaan, Selasa (21/5/24). (Foto: SAR Bandung)

KETIK, BANDUNG – Delegasi Konsulat Australia melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung dalam rangka membahas tentang kebencanaan, Selasa (21/5/2024).  

Kedatangan delegasi disambut langsung oleh Kepala Kantor SAR Bandung Hery Marantika, yang menerima kedatangan Priyanka Vennelakanti (Konsul), Prajna Paramita (Konsuler), dan Nat Souvannakhily.

Perwakilan Konsulat Australia Priyanka menyampaikan, kunjungan ini untuk membicarakan lintas bencana dan bekerjasama tentang kebencanaan khususnya dengan Basarnas, jika ada kasus warga Australia yang terdampak bencana.

"Kami berterima kasih kepada Kantor SAR Bandung, atas sambutan yang ramah dan mendapatkan banyak manfaat serta pertukaran informasi seputar kebencanaan yang terjadi di Provinsi Jawa Barat," ucap Priyanka.

Mengingat posisi Indonesia khususnya Jawa Barat berada pada ring of fire dan adanya Sesar Lembang, maka Pemerintah Jawa Barat serta Basarnas sangat concern pada penanganan bencana, khususnya pada pelaksanaan SAR.

"Tentunya kami tidak akan pernah pilih-pilih dalam memberikan bantuan penanganan kebencanaan, khusus pada tindakan SAR. Jangankan manusia, hewan pun kita selamatkan," kata Kepala Kantor SAR Bandung Hery Marantika. 

Menurutnya, Pemda Jabar dan Basarnas bersama unsur potensi SAR lainnya, yang terdiri dari TNI/POLRI, pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD, penggiat/penghobi, masyarakat, dapat digerakkan untuk membantu kegiatan pelaksanaan operasi SAR. Pada kesempatan itu Hery juga menjelaskan jenis bencana di Provinsi Jawa Barat yang bervariatif dan kompleks.

"Diharapkan agar pihak Konsulat Australia, khusus kepada warga Australia yang berada di Provinsi Jawa Barat, untuk tidak panik dan termakan hoax atau berita miring tentang bencana," ungkap Hery.

Hery juga bilang masyarakat Indonesia sudah mulai meningkat kepaswadaannya terhadap bencana, mulai dari pemerintahan desa. "Koordinasi antar intansi juga sudah sangat solid," pungkas Hery. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

SAR Basarnas SAR Bandung Bencana kebencanaan Australia