Kunjungi Indonesia UMKM Expo, Wamen ATR/BPN: Berasa Keliling Indonesia

Editor: Irwansyah

5 November 2022 11:24 5 Nov 2022 11:24

Thumbnail Kunjungi Indonesia UMKM Expo, Wamen ATR/BPN: Berasa Keliling Indonesia Watermark Ketik
Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni didampingi istri mengunjungi stand Indonesia UMKM Expo. (Foto: Dok. Ketik)

KETIK, JAKARTA – Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni mengunjungi stand UMKM binaan Kementerian ATR/BPN yang ikut pameran pada Indonesia UMKM Expo di Jakarta International Expo Kemayoran, Sabtu (5/11/2022).

Di hari ketiga ini Wamen beserta istri turut meramaikan Indonesia UMKM Expo. Ia mengunjungi seluruh stand UMKM mulai dari Aceh hingga Papua. 

Ratusan UMKM binaan Kementerian ATR/BPN RI ramai dipadati pengunjung. Apalagi di lokasi juga berbarengan dengan kegiatan Pekan Gembira Ria yang diikuti artis-artis top. Mereka juga turut meramaikan Indonesia UMKM Expo. 

Wamen Raja Juli mengaku kaget pelaksanaan Indonesia UMKM Expo bisa semarak dan meriah dimana diikuti oleh ratusan pelaku UMKM binaan Kementerian ATR/BPN bersama Ikawati. 

"Saya kaget, ini fantastik. Spektakuler ya. Kami bersyukur di pemberdayaan bahwa Ikawati ATR BPN telah membina pelaku UMKM," ungkapnya. 

Wamen Raja Juli mengatakan kunjungan ke stand-stand UMKM ini layaknya keliling Indonesia. Ia juga menikmati penampilan seni dari masing-masing daerah yang menunjukkan ciri khasnya. 

"Berasa keliling Indonesia. Saya melihat dari Aceh sampai Merauke stand-standnya semua produknya ada di sini. Ini luar biasa," katanya. 

Foto Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni saat berkunjung ke Indonesia UMKM Expo. (Foto: Dok. Ketik)Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni saat berkunjung ke Indonesia UMKM Expo. (Foto: Dok. Ketik)

Pameran UMKM ini berlangsung meriah. Pengunjung memadati area pameran. Hal ini membawa dampak positif bagi pelaku UMKM yang memasarkan produknya masing-masing. 

Wamen melaporkan, dari informasi yang didapat, transaksi penjualan produk UMKM di event akbar ini cukup tinggi. Ia bersyukur sebab UMKM binaan Ikawati ATR BPN memiliki produk-produk unggulan cocok diminati masyarakat. 

"Contoh tadi dari Kota Kediri membawa mangga Podang khas Kediri yang hanya ada di Kediri. Itu membawa 100 kg tapi infonya dalam sehari sudah habis. Ini sedang pengiriman mengambil stok lagi. Begitu juga stand yang lain penjualannya sangat tinggi," jelasnya.  

Ia bangga di kementerian ATR BPN turut melaksanakan instruksi Presiden RI Joko Widodo dimana UMKM naik kelas masuk agenda besar nasional. 

Event akbar Indonesia UMKM Expo ini berlangsung 3-8 November 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran. Acara yang digelar dalam rangkaian Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2022 ini diikuti ratusan peserta yang merupakan UMKM binaan Ikawati Kementerian ATR/BPN Pusat, Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan Kantor Pertanahan kota/kabupaten. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM Wamen ATR/BPN