Kue Lebaran Khas Betawi yang Gurih dan Legit

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

23 April 2023 15:00 23 Apr 2023 15:00

Thumbnail Kue Lebaran Khas Betawi yang Gurih dan Legit Watermark Ketik
Ragam kue Lebaran khas Betawi. (Foto: IG@kue_betawi)

KETIK, SURABAYA – Kue Lebaran Khas Betawi yang Gurih dan Legit

 

Kue lebaran bukan hanya nastar dan kastengel, bagi masyarakat Betawi . Ada kue tradisional yang menjadi hidangan wajib yang harus ada untuk menyempurnakan suasana Lebaran Idul Fitri, yang sebentar lagi akan kita rayakan..

Lebaran adalah momen kebersamaan dan berkumpulnya keluarga, di momen ini akan terhidang beragam makanan, baik makanan berat seperti opor dan ketupat sayur, maupun makanan-makanan ringan seperti beragam kue kering. 

Setiap daerah pasti memiliki beragam kue khas masing-masing yang biasa disajikan saat lebaran. Tak terkecuali suku asli Jakarta, yaitu Betawi yang memiliki beragam kue khas yang biasa disajikan untuk menyambut para tamu dan keluarga selama lebaran. 

Kue Lebaran Khas Betawi:

1. Kue Biji Ketapang

Foto Kue biji Ketapang. (Istagram@kue_betawi)Kue biji Ketapang. (Istagram@kue_betawi)

Kue berbentuk pipih dengan rasa yang manis, renyah, gurih ini terbuat dari tepung terigu dan santan kelapa. Kue ketapang menjadi salah satu hidangan wajib bagi orang Betawi ketika Lebaran. Kue ketapang dimasak dengan cara digoreng untuk mendapatkan rasa renyah. Simpan kue ini dalam wadah yang tertutup untuk menjaga kerenyahan serta cita rasa kue.

2. Kue Satu

Foto Kue satu. (Foto:Istagram@kue_betawi)Kue satu. (Foto:Istagram@kue_betawi)

Dinamakan kue satu karena dalam proses pembuatannya kue ini harus dicetak satu persatu menggunakan cetakan kayu, kemudian diketuk-ketuk cetakannya hingga kue ini keluar. Kue yang merupakan warisan kuliner Cina ini terbuat dari tepung kacang hijau yang ditumbuk bersama gula pasir hingga halus. Kue ini akan terasa manis dan lumer di mulut ketika dimakan. 

3. Kue Kembang Goyang

Foto Kue kembang goyang.(Foto: pexelsphoto)Kue kembang goyang.(Foto: pexelsphoto)

Terbuat dari tepung beras kemudian dicetak dengan cetakan berbentuk kembang dan dilepaskan dari cetakan dengan cara digoyang-goyang. Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue kembang goyang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional di Jakarta, harganya cukup terjangkau dan teksturnya yang renyah akan meramaikan suasana kumpul Lebaran.

4. Kue Akar Kelapa

Foto Kue akar kelapa. (Foto: Ustagramkue_betawi)Kue akar kelapa. (Foto: Instagram@kue_betawi)

Berbentuk panjang dan sedikit bergerigi mirip dengan akar kelapa, kue ini adalah salah satu sajian Lebaran yang tidak boleh dilewatkan masyarakat Betawi. Berbahan dasar tepung beras kue ini dimasak dengan cara digoreng dan memiliki rasa yang manis, gurih, dan renyah. 

5. Kue Sagon

Foto Kue sagon. (Foto:Istagram@kue-betawi)Kue sagon. (Foto:Istagram@kue-betawi)

Terbuat dari kelapa parut, tepung ketan, dan gula, kue sagon aslinya berasal dari pulau Jawa. Meskipun begitu kue sagon menjadi sajian manis yang begitu digemari oleh masyarakat Betawi. Biasanya kue ini dipadatkan dalam bentuk sederhana dan akan terasa pecah di mulut saat dimakan.

6. Dodol Betawi

Foto Dodol Betawi. (Foto: istagram@kue_betawi)Dodol Betawi. (Foto: istagram@kue_betawi)

Dodol Betawi memiliki ciri khas warna hitam kecokelatan dan tersedia dalam sedikit variasi rasa. Meskipun begitu dodol Betawi tetap menjadi hidangan favorit ketika Lebaran tiba karena rasanya yang manis dan legit. Pembuatan dodol yang cukup sulit dan membutuhkan waktu lama juga membuat tradisi gotong royong masyarakat Betawi semakin kental, karena mereka akan membuatnya secara bersama-sama.

 

7. Manisan Kolang-kaling

Foto Manisan kolang Kaling.  (Foto: Instageam@kue_betawi)Manisan kolang Kaling. (Foto: Instageam@kue_betawi)

Masyarakat Betawi pasti akan menyajikan manisan di setiap perayaan, hal tersebut karena manisan dianggap akan memaniskan hidup mereka. Salah satu manisan yang wajib ada ketika lebaran adalah manisan kolang-kaling. Kolang-kaling yang kenyal disajikan dalam rasa manis dan beragam warna, bisa dimakan langsung ataupun dijadikan tambahan dalam es campur.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

kue Khas Betawi satu sagu kembang goyang. Kolang kaling