Krisis Pasokan Pangan di Pulau Masalembu, Gubernur Kirimkan Ribuan Sembako

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

1 Maret 2023 12:45 1 Mar 2023 12:45

Thumbnail Krisis Pasokan Pangan di Pulau Masalembu, Gubernur Kirimkan Ribuan Sembako Watermark Ketik
Khofifah meninjau bantuan yang akan dikirimkan ke Pulau Masalembu. ( Foto:Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Kondisi cuaca yang sangat buruk berdampak pada pasokan pangan yang langka di Pulau Masalembu, ini membuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) langsung turun tangan untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dilakukan demi menjaga pasokan pangan yang merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang ada terletak di tengah laut jawa.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ditemani Kapolda Jatim Irjen. Pol. Toni Harmanto, Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah, dan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto mengirimkan bantuan logistik ke Pulau Masalembu.

Bantuan logistik yang dikirim berupa minyak goreng total 2.000 liter (kemasan 2 liter), sarden 700 kaleng, Mie instan 10.000 pcs, Beras 15 ton, Gula pasir 5 ton dan Elpiji 3kg sebanyak 300 tabung. Bantuan tersebut dikirim menggunakan KRI Malahayati 362. 

Foto Para anggota TNI yang berangkat menggunakan KRI Malahayati untuk mengirimkan bantuan logistik ke Pulau Masalembu. (Foto:Humas Pemprov Jatim)Para anggota TNI yang berangkat menggunakan KRI Malahayati untuk mengirimkan bantuan logistik ke Pulau Masalembu. (Foto:Humas Pemprov Jatim)

Rencananya kapal ini akan menempuh perjalanan sekitar 14 jam dan diperkirakan akan lego jangkar di sebelah timur Pulau Masalembu sekitar pukul 06.00 WIB pada Kamis (2/3/2023). Lego jangkar ini dilakukan karena berdasarkan laporan, ombak di dermaga Masalembu ketinggiannya sekitar 1-1,5 meter sehingga kapal tidak bisa bersandar di dermaga. Kapal ini sendiri membawa 130 orang personil.

Gubernur Khofifah mengatakan, pelepasan bantuan logistik ini sebagai respon cepat dan komitmen jajaran Forkopimda Jatim untuk segera mengirimkan bantuan logistik bagi masyarakat di Pulau Masalembu, Kab. Sumenep. 

“Kami bersama-sama jajaran Forkopimda Jawa Timur ingin memberikan bantuan logistik untuk saudara kita di Masalembu yang sedang mengalami kekurangan suplai pangan karena gelombang yang tinggi pada beberapa hari belakangan ini,” katanya.

Khofifah menambahkan, dirinya bersama jajaran Forkopimda Jatim yakni Kapolda Jatim, Pangkoarmada II, Pangdam V Brawijaya serta Kajati Jatim, akan terus memastikan bahwa masyarakat di Pulau Masalembu akan mendapatkan bantuan logistik ini dengan baik.(*)

Tombol Google News

Tags:

Khofifah Gubernur Jawa Timur Bantuan Logistik Pulau Masalembu pangan