KPU Kota Batu Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Dua Minggu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

5 Januari 2024 11:10 5 Jan 2024 11:10

Thumbnail KPU Kota Batu Targetkan Pelipatan Surat Suara Selesai Dua Minggu Watermark Ketik
Petugas Pelipatan sedang melipat Surat Suara di KPU Kota Batu (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – KPU Kota Batu menargetkan pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 selesai dalam dua minggu. Sebagaimana diketahui, pelipatan dimulai hari ini, Jumat (5/1/2023) dengan melipat Surat Suara DPRD Kota. 

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto mengatakan untuk hari ini dikhususkan pembelajaran cara melipat dengan baik terus mengidentifikasi Surat Suara rusak kepada petugas pelipatan.

"Satu hari ini, kita prosesnya masih dalam tahap briefing, pembelajaran jadi tidak ada target hari ini dapat berapa. Nanti ada target dalam sehari dapat berapa, jadi kita tahu nanti kira kira butuh waktu berapa untuk pelipatan seluruh Surat Suara," jelasnya.

Heru menguraikan, pada proses pelipatan tersebut sekaligus dilakukan proses sortir untuk mencermati jika ada surat suara yang rusak. Kerusakan tersebut bisa berupa buram, atau tidak sesuai warna penandaan.

"Jika ada yang rusak, kita identifikasi. kemudian kita sisihkan kemudian kita hitung jumlahnya. Selanjutnya, kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi. Sedangkan proses penggantian nanti, kita melaporkan berapa jumlahnya," urai Heru.

Heru menjelaskan, seluruh Surat Suara baik DPRD, DPR RI dan Presiden telah datang kecuali DPD yang dijadwalkan pada tanggal 9 Januari 2023. Namun, menurutnya, jadwal tersebut bisa berubah sewaktu waktu karena percepatan produksi.

"Hari ini, masih sortir awal, masih ada kemungkinan rusak. Sedangkan yang rusak nanti kita musnahkan pad H - 1 pencoblosan bersama Bawaslu dan kepolisian," ulasnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu surat suara pemilu2024