Kota Surabaya Belum Miliki SLB Negeri, Anggota DPRD: Lucu

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

2 Mei 2024 14:51 2 Mei 2024 14:51

Thumbnail Kota Surabaya Belum Miliki SLB Negeri, Anggota DPRD: Lucu Watermark Ketik
Anggota Komisi D Hari Santoso. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 seharusnya dirasakan siswa dan siswi di seluruh Indonesia, tidak terkecuali anak-anak berkebutuhan khusus tepatnya di Sekolah Luar Biasa (SLB).

Sayangnya, Kota Surabaya tak memiliki SLB negeri hingga saat ini, padahal Pemkot Surabaya telah menjanjikan akan membangun SLB mulai tahun 2024. Hingga pertengahan tahun belum terdengar terbangunnya sekolah khusus tersebut.

Anggota Komisi D Hari Santoso menyebut bahwa Kota Surabaya saat ini hanya memiliki SLB swasta.

"Yang lucu Surabaya tidak punya SLB negeri, kalah sama Gresik, Sidoarjo, Bangkalan, jadi SLB Kota Surabaya ini kalau membuat kop suratnya SLB cabang Sidoarjo, ini kan lucu sekelas Surabaya," jelasnya pada Kamis (2/5/2024).

Menurutnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim, namun hingga saat ini belum ada titik terang mengenai pembangunan SLB negeri tersebut.

"Ini kita tunggu sampai sekarang, belum ada," jelasnya.

Foto Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kepala Dinas Pendidikan Yusuf Masruh. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Yusuf Masruh menjelaskan, pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan peneliti, karena harus melihat daya tampung strategis anak-anak inklusi.

"Nanti kita koordinasi dengan teman-teman peneliti, yang SLB kan di sana (Dinas Pendidikan Provinsi), kita koordinasi soalnya pembangunan kan di sana ditampung kondisi strategisnya karena anak istimewa ini kan lain. Kita harus koordinasi baik lokasi, kondisi lingkungan," terangnya.

Mengenai jumlah anak berkebutuhan khusus di Surabaya, Yusuf menjabarkan bahwa pembangunan SLB negeri juga melihat jumlah daya tampung karena berkorelasi dengan pengajarnya.

"Inklusi sekitar 402 berapa gitu, Harapan saya inklusi bisa kita petakan. Kita usulkan ke pusat untuk formasi gurunya. Insyaallah (tambahan) karena kalau pelaksanaan program inklusi jalan, teman-teman guru nambah," pungkas Yusuf.

Perlu diketahui, Pemkot Surabaya akan mendirikan Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri mulai jenjang SD hingga SMA khusus untuk warga Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut rencana pembangunan SLB tersebut akan dimulai pada 2024, namun hingga sekarang belum ada kabar mengenai pembangunannya. (*)

Tombol Google News

Tags:

SLB negeri Surabaya Hari Pendidikan Nasional 2024 Sekolah luar biasa Pemkot Surabaya anggota komisi D Hari Santoso Yusuf Masruh surabaya tak miliki slb negeri