Kota Malang Lolos Seleksi Nasional Tahap II untuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

24 September 2024 15:30 24 Sep 2024 15:30

Thumbnail Kota Malang Lolos Seleksi Nasional Tahap II untuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO Watermark Ketik
Salah satu kegiatan di MCC. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kota Malang berhasil lolos dalam seleksi nasional tahap II untuk nominasi sebagai anggota jejaring kota kreatif UNESCO atau UCCN. Keberhasilan ini membuat Kota Malang akan lanjut pada seleksi bersama Kota Makassar, Kota Tangerang, dan Kabupaten Ponorogo.

Sudah dua tahapan seleksi yang diikuti Kota Malang. Menurut Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan, hal tersebut membuktikan kapasitas dan potensi Kota Malang untuk menjadi salah satu kota kreatif dunia.

"Tentu kita semua bersyukur dan menjadi satu kebanggaan bisa lolos di dua tahapan seleksi UCCN. Ini membuktikan begitu besar kapasitas dan potensi yang kita miliki untuk menjadi salah satu kota kreatif dunia," ujar Iwan, Selasa 24 September 2024.

Banyak hal yang dimiliki Kota Malang sebagai bekal untuk mewujudkan mimpi sebagai kota kreatif dunia. Terlebih landasan kreatif telah terbangun dengan baik dan berkelanjutan.

"Harapan,mimpi dan gairah besar ini menjadi stimulus positif sehingga bisa menciptakan ide, gagasan kreatif. Saya di lapori Bu Kepala Bappeda dan Komite Ekonomi Kreatif (KEK), Malang city of media art ini jadi satu-satunya yang ada di Indonesia," lanjutnya.

Iwan yakin dengan hadirnya Malang Creative Center (MCC), potensi kreatif akan terus tumbuh di Kota Malang. Terlebih status Kota Malang sebagai kota pendidikan turut menguntungkan dengan hadirnya beragam inovasi dan kreatifitas mahasiswa maupun pelajar.

"Saya berkeyakinan Malang punya segalanya. Pondasinya sudah terbangun, sudah sustainable. Proses bisnis ditunjang dengan adanya MCC sebagai inkubator 17 sub sektor Ekraf di Kota Malang, sumber daya ini yang akan terus kita kuatkan bersama," sebutnya.

Untuk lolos menjadi bagian dari UCCN, Iwan meminta seluruh pihak untuk bersiap pada tahapan seleksi berikutnya. Pasalnya pada 25-26 September 2024, tim penilai akan datang langsung ke Kota Malang.

"Kita persiapkan tahapan seleksi berikutnya sebaik mungkin, saling bersinergi, dan kita sajikan yang terbaik saat tim penilai datang ke Malang. Kita mohon doa dan dukungan dari masyarakat, karena pencapaian ini adalah milik kita bersama," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Malang Kota Kreatif Dunia Unesco UCCN anggota jejaring kota kreatif UNESCO