Konsleting dari Panel Listrik di Loker Karyawan, Gedung PT Sara Rasa Biomas Hangus Terbakar

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

18 Desember 2023 11:53 18 Des 2023 11:53

Thumbnail Konsleting dari Panel Listrik di Loker Karyawan, Gedung PT Sara Rasa Biomas Hangus Terbakar Watermark Ketik
Petugas Pemadam Kebakaran berjibaku memadamkan api yang membakar perusahaan PT Sara Rasa Biomas di Jalan Pergudangan Margomulyo Permai III, Senin (18/12/2023). (Foto: Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Diduga akibatkonsleting listrik dari panel listrik di ruang loker karyawan, PT Sara Rasa Biomas di Jalan Pergudangan Margomulyo Permai III hangus terbakar. Kebakaran ini, mengakibatkan dua karyawan mengalami sesak pernafasan. Satu diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. 

"Api pertama muncul dari panel mesin pelet, kemudian api menjalar ke kabel depan panel dan api jatuh mengenai forklif Mitsubishi hingga akhirnya api membesar," jelas Kabid Darlog BPBD Kota Surabaya Buyung Hidayat, Senin (18/12/2023).

Dua korban dalam peristiwa ini adalah Dadang (36) yang merupakan office boy (OB) serta Sudarmanto (38) yang merupakan tenaga keamanan. Dadang yang merupakan warga Jalan Tambak Mayor 2 ini harus dirujuk ke RSUD dr Soetomo untuk penanganan lebih lanjut. Sedangkan Sudarmanto yang merupakan warga asal Jember mendapatkan perawatan dari PMI Surabaya di lokasi.

"Korban 1 bisa teratasi di lokasi sehingga yang kami rujuk ke rumah sakit hanya satu orang saja," jelas Buyung.

Kejadian ini terjadi pukul 07.05 WIB dimana dari keterangan pihak keamanan pabrik, awal mula api berasal dari panel mesin pelet. Kemudian api menjalar ke kabel depan panel dan api jatuh mengenai forklif Mitsubishi.

Seketika itu api sudah membesar yang membuat warga langsung menghubungi panggilan darurat 112 untuk dipadamkan. Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api.

Sekitar pukul 08.32 WIB, petugas Pemadam Kebakaran berhasil memadamkan api dan dilakukan pembasahan. "Kebakaran ini tidak sampai merembet ke gedung sebelahnya," ucap Buyung. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya Kebakaran Surabaya kebakaran Surabaya Kejadian di Surabaya PT Sara Rasa Biomas Korsleting