Komisi B DPRD Sidoarjo Sidak Relokasi Pedagang Pasar Larangan

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

11 Januari 2023 23:47 11 Jan 2023 23:47

Thumbnail Komisi B DPRD Sidoarjo Sidak Relokasi Pedagang Pasar Larangan Watermark Ketik
Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Bamban Pujianto melihat langsung kondisi lahan relokasi pedagang di Pasar Larangan. (Foto: Istimewa)

KETIK, SIDOARJO Komisi B DPRD Sidoarjo turun langsung ke Pasar Larangan Sidoarjo. Menanggapi keluhan pedagang di pasar itu mengenai rencana relokasi lapak, mereka mengecek kondisi lapak di lahan relokasi. Tepatnya di sisi barat pasar.

Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo Bambang Pujianto bersama beberapa anggota komisi lainnya melihat langsung kondisi lapak pedagang, Rabu (11/1). Dari pantauan di lapangan, beberapa stan tampak kosong. Dari 200 lapak yang disiapkan, hanya 80 yang terisi.

Lapak yang disiapkan di lahan relokasi memang sederhana. Tenda dan meja untuk berjualan. Lokasinya berdempetan dengan lahan parkir sepeda motor. Pedagang merasa aksesnya terhambat. Sebab parkir sepeda motor berada tepat di depan lapak.

Bambang menjelaskan, keluhan pedagang dan kondisi lapak hasil cek lapangan hari ini akan disampaikan ke OPD teknis. Bagaimana pun, menurut dia, harus ada kesepakatan yang baik antara pemkab dan pedagang. “Sehingga pedagang bisa tetap berjualan namun dengan kondisi pasar yang lebih tertata,” katanya.

Politikus Gerindra itu menyebutkan, ke depan pasar Larangan akan menjadi pasar yang ber-SNI. Sehingga ada beberapa hal yang harus dibenahi. Seperti penambahan fasilitas hingga ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH). Untuk itu, pembenahan tersebut membutuhkan dukungan dari semua pihak, terrmasuk pedagang.

Menurut dia, dengan menata pasar menjadi modern, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Pembeli akan nyaman berbelanja di pasar yang bersih dan rapi. Karena itu, dia kembali mengimbau pedagang untuk mematuhi peraturan daerah (perda) nomor 1 tahun 2018 tentang penataan dan pengelolaan pasar rakyat. (*)

Tombol Google News

Tags:

pasar larangan DPRD relokasi sidoarjo