Kloter Pertama Berangkat 12 Mei, Kemenkumham Jatim Rapat Teknis Program Fast Track Haji

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

6 Mei 2024 08:00 6 Mei 2024 08:00

Thumbnail Kloter Pertama Berangkat 12 Mei, Kemenkumham Jatim Rapat Teknis Program Fast Track Haji Watermark Ketik
Proses jemaah haji hendak masuk kedalam pesawat untuk ke tanah suci, Senin (6/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kanwil Kemenkumham Jawa Timur memastikan Rabu (8/5/2024) untuk menggelar rapat teknis terkait fast track untuk ibadah haji. Hal ini memastikan layanan haji yang baru pertama kali diterapkan di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Rabu ini kami rapat khusus dengan Kepala Divisi Imigrasi dan Kepala Imigrasi Surabaya untuk teknis terkait fast track," ucap Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono usai melantik Kepala Imigrasi Kelas 1 TPI Surabaya, Senin (6/5/2024).

Heni menjelaskan rapat ini dilakukan untuk memastikan program ini berjalan lancar. "Kami sangat mendukung program ini jadi kami harus memastikan program ini jalan dengan lancar," ucapnya.

Heni menjelaskan fungsi Imigrasi sebagai security negara untuk mengantisipasi adanya orang asing yang keluar maupun masuk ke Indonesia. "Jadi dalam rapat inu nanti Kadiv Imigrasi akan menjelaskan bagaimana teknisnya," ucapnya.

Program Fast Track ini merupakan program dari Kementrian Agama (Kemenag) untuk memberikan kemudahan jemaah haji tanpa harus menunggu. Nantinya Imigrasi Arab Saudi didatangkan ke Indonesia untuk pemeriksaan paspor jemaah haji.

Dijadwalkan kloter pertama jemaah haji berangkat ke tanah suci mulai tanggal 12 Mei 2024. "Seperti biasa nantinya petugas Imigrasi Surabaya melakukan pemeriksaan dokumen paspor sebelum berangkat ke pesawat," ucap Heni. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Fast Track Haji Haji 2024 Ibadah Haji Imigrasi Fast Track Kementerian Agama Kemenag