Kirab Maskot Pilkada Jatim 2024 di Kabupaten Kediri, Si Jalih dan Si Nara Siap Sosialisasikan Pemilu

Jurnalis: Anis Firmansyah
Editor: M. Rifat

25 September 2024 06:45 25 Sep 2024 06:45

Thumbnail Kirab Maskot Pilkada Jatim 2024 di Kabupaten Kediri, Si Jalih dan Si Nara Siap Sosialisasikan Pemilu Watermark Ketik
KPU Kabupaten Kediri saat menggelar acara Kirab maskot di depan Kantor Dishub Kabupaten Kediri, Selasa (24/9/2024). (foto : Anis/Ketik.co.id).

KETIK, KEDIRI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menerima maskot Pilkada Jawa Timur 2024, Si Jalih, dari KPU Kota Kediri dalam acara kirab yang digelar di depan Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri pada Selasa (24/9/2024).

Acara ini menjadi bagian dari upaya KPU dalam mengoptimalkan sosialisasi pemilih jelang Pilkada serentak 2024 pada 27 November 2024. 

Acara penyerahan maskot ditandai dengan penandatanganan serah terima yang turut dihadiri oleh perwakilan KPU Jawa Timur. Ketua KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, menjelaskan bahwa kirab ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan KPU Jawa Timur untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa proses Pilkada serentak sudah dimulai.

“Kami sangat bersyukur, malam ini kami menerima maskot Si Jalih (Jatim Memilih) dari KPU Kota Kediri. Kirab ini menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada serentak,” kata Nanang.

Setelah penerimaan Si Jalih, KPU Kabupaten Kediri akan melanjutkan kegiatan dengan menggelar kirab maskot lokal mereka, Si Nara. Maskot ini akan menjelajahi 26 kecamatan di Kabupaten Kediri mulai Rabu, 25 September hingga Sabtu, 28 September 2024, di mana akan di gelar di halaman masing-masing kecamatan sebagai bagian dari kampanye sosialisasi.

“Besok, kirab Si Nara akan dimulai, menjelajahi 26 kecamatan di Kabupaten Kediri,” tambah Nanang.

Nanang juga menambahkan bahwa KPU Kabupaten Kediri telah menetapkan dua pasangan calon untuk Pilkada 2024, dan kampanye resmi akan dimulai pada 25 September. Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan memilih calon yang terbaik untuk memimpin selama lima tahun ke depan.

“Jangan lupa untuk datang ke TPS pada 27 November 2024. Satu suara sangat berarti bagi masa depan kita. Meski pilihan kita berbeda, kita tetap bersaudara,” ujar Nanang.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Eka Wisnu Wardhana, menyampaikan bahwa kirab ini tidak hanya bertujuan sosialisasi, tetapi juga untuk menyatukan budaya antar daerah di Jawa Timur, sesuai dengan tagline Pilgub Jatim "Seneng Bareng."

“Kirab ini juga menjadi momen integrasi budaya karena menampilkan unsur budaya lokal. Mari kita gunakan hak pilih dengan bijak dan logis dalam menentukan pemimpin lima tahun mendatang,” kata Eka Wisnu.

Sebagai informasi tambahan, KPU Provinsi Jawa Timur telah memulai Kirab Maskot Pilkada 2024 sejak 25 Juli 2024 dari Kabupaten Pacitan. Jalur kirab akan melintasi berbagai kota dan kabupaten sebelum mencapai KPU Provinsi Jawa Timur pada 12 Oktober 2024.

Tombol Google News

Tags:

Kpu Kabupaten Kediri Kirab Maskot si Jalih si nara Pilkada 2024