Kediri Finfest 2024, Jurus Sinergi OJK, Pemkot, dan FKIJKD Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Jurnalis: Anis Firmansyah
Editor: Muhammad Faizin

24 September 2024 19:45 24 Sep 2024 19:45

Thumbnail Kediri Finfest 2024, Jurus Sinergi OJK, Pemkot, dan FKIJKD Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Watermark Ketik
Kegiatan Finfest 2024 berlangsung meriah selama dua hari, tepatnya pada 21-22 September 2024 di halaman Balai Kota Kediri. (Anis/Ketik.co.id )

KETIK, KEDIRI – Kediri Financial Festival (Finfest) 2024 menjadi jurus sinergi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Daerah (FKIJKD) Kediri-Madiun meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat.

Kegiatan yang diisi dengan berbagai macam kegiatan pesta rakyat itu berlangsung meriah selama dua hari, tepatnya pada 21-22 September 2024 di halaman Balai Kota Kediri.

Kepala OJK Kediri Ismirani Saputri, menegaskan penyelenggaraan Finfest 2024 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai literasi keuangan dan pentingnya inklusi keuangan.

Dengan memahami layanan keuangan yang legal dan aman, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan produk keuangan sesuai kebutuhan dan terhindar dari jebakan produk ilegal yang merugikan.

"Target inklusi keuangan tahun 2024 adalah mencapai 90 persen. Salah satu langkah yang kami lakukan adalah melalui program Bulan Inklus Keuangan (BIK) yang digelar setiap Oktober, namun tahun ini dimulai lebih awal pada September 2024 dengan tema Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif," kata Ismirani, dalam keterangan yang diterima Ketik.co.id, Selasa, 24 September 2024. 

Kediri Finfest 2024 menghadirkan 103 booth bazar yang menampilkan berbagai produk jasa keuangan serta produk-produk UMKM lokal. Selain itu, rangkaian kegiatan menarik seperti talkshow keuangan, lomba mewarnai, lomba ranking 1, kompetisi stocklab, lomba foto dan reels, serta kompetisi kostum terbaik turut memeriahkan acara.

Sebagai bentuk apresiasi, OJK Kediri bersama TPAKD juga memberikan penghargaan kepada sekolah yang berpartisipasi aktif dalam Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR).

SD Negeri Tempurejo 2 dan SMPN 6 Kota Kediri mendapatkan penghargaan untuk kategori jumlah rekening terbanyak, sementara MI Al Irsyad dan SMP Negeri 1 Kota Kediri memperoleh penghargaan untuk kategori saldo terbanyak.

Acara Finfest 2024 diawali dengan kegiatan bersepeda bersama yang menyusuri jalan-jalan utama di Kota Kediri, sebelum memasuki rangkaian kegiatan utama festival.

“Semoga Kediri Financial Festival 2024 benar-benar bisa memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Kediri. Sekaligus bisa memperluas akses keuangan dalam rangka percepatan inklusi keuangan,” harapnya. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Kediri Zanariah, mengapresiasi penuh penyelenggaraan Finfest 2024. Ia berharap acara ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk keuangan yang aman dan legal, serta berperan sebagai penggerak ekonomi lokal.

"Pengetahuan adalah kekuatan. Dengan kegiatan ini, masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa, dapat memahami lebih dalam mengenai tabungan, investasi, dan layanan keuangan terpercaya untuk masa depan yang lebih baik. FinFest adalah jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan pelaku usaha dan lembaga keuangan secara aman," pungkas Zanariah.

Tombol Google News

Tags:

kediri Kota Kediri Kediri Finfest 2024 LITERASI KEUANGAN OJK