Kirab Budaya Peringati Hari Jadi ke-76 Kalurahan Umbulharjo Sleman, Jadi Sarana Tingkatkan Kerukunan

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: M. Rifat

11 Mei 2024 15:01 11 Mei 2024 15:01

Thumbnail Kirab Budaya Peringati Hari Jadi ke-76 Kalurahan Umbulharjo Sleman, Jadi Sarana Tingkatkan Kerukunan Watermark Ketik
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memotong tumpeng memperingati HUT ke-76 Kalurahan Umbulharjo (11/5/2024). (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Kirab budaya di halaman Kantor Kalurahan Umbulharjo menyemarakan rangkaian peringatan hari jadi ke-76 Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman, Sabtu (11/5/2024).

Lurah Umbulharjo, Cangkringan, Sleman Danang Sulistya menyampaikan, di peringatan Hari Jadi ini, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Kalurahan bersama dengan masyarakat.

"Dimulai dari 6 Mei 2024 berupa lomba inovasi Kalurahan, pengajian akbar, merti unggul berkaitan dengan konservasi alam. Kemudian ada wayangan dan ketoprak, kirab budaya, dan terakhir pada 11 Mei 2024 ada jalan sehat bersama masyarakat," terangnya.

Danang Sulistya berharap, momentum peringatan Hari Jadi Kalurahan Umbulharjo tersebut menjadi sarana untuk meningkatkan kerukunan dan gotong royong bersama, serta mewujudkan Kalurahan Umbulharjo sebagai desa yang mandiri dari segala hal.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan selamat kepada masyarakat Umbulharjo yang tengah memperingati Hari Jadi Kalurahan.

Ia juga menyambut baik penyelenggaraan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kalurahan Umbulharjo dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih untuk seluruh pihak baik dari Kalurahan, masyarakat, yang telah menyelenggarakan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kalurahan Umbulharjo ini," ucapnya.

Kegiatan seperti ini, sebut Kustini, patut mendapat dukungan karena dapat melestarikan kebudayaan.

Ia juga mengaku senang melihat antusias masyarakat yang ikut meramaikan kegiatan kebudayaan yang berlangsung di kawasan Kantor Kalurahan Umbulharjo tersebut.

Terlihat Bupati Sleman Kustini menghadiri kegiatan tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan), Edy Winarya dan Panewu Cangkringan Djaka Sumarsono.

Lebih lanjut, Kustini mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan dan mengenalkannya kepada generasi muda. Itu agar tumbuh rasa memiliki dan mencintai budaya sendiri.

Dalam kesempatan ini, Kustini Sri Purnomo juga melakukan potong tumpeng sebagai salah satu prosesi dalam kegiatan memperingati Hari Jadi ke-76 Kalurahan Umbulharjo tersebut.

Perlu diketahui, Desa Umbulharjo dahulu bernama Pentingsari. Di Desa ini terdapat umbul/mata air yang besar. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan air di desa tersebut dan di wilayah sekitarnya.

Wilayah terebut kemudian dinamakan “Umbulharjo”. Adapun arti nama Umbulharjo secara harfiah yakni Umbul berarti mata air, sedangkan Harjo (Raharjo) berarti makmur/tentram. Sehingga diharapkan masyarakat desa ini akan menjadi makmur dan tentram. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata budaya Kirab Budaya Hari Jadi ke-76 Kalurahan Umbuharjo Cangkringan Dinas Kebudayaan Sleman Pemkab Sleman