Khofifah Tambah Armada TransJatim, Koridor II Mojokerto-Surabaya Launching Agustus

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

19 Januari 2023 04:08 19 Jan 2023 04:08

Thumbnail Khofifah Tambah Armada TransJatim,  Koridor II Mojokerto-Surabaya Launching Agustus Watermark Ketik
Sejumlah armada baru bus TransJatim (Foto : Humas Pemprov Jatim )

KETIK, SURABAYA – Transportasi umum adalah hal yang penting untuk mendukung mobilisasi masyarakat. Dengan sarana transportasi yang baik, pergerakan manusia dan barang semakin lancar.

Selain itu, adanya transportasi umum yang memadai dan nyaman membuat masyarakat perlahan berpindah menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Hal ini diharapkan berujung pada problematika kemacetan di kota besar dapat terurai.

Berangkat dari hal tersebut, Pemprov Jawa Timur saat ini menyiapkan penambahan armada bus TRANSJATIM koridor I rute Sidoarjo – Surabaya – Gresik. Armada baru itu diharapkan sudah siap beroperasi pada April 2023 mendatang.

Penambahan armada yang digawangi Dinas Perhubungan Jatim ini berjumlah 10 unit operasional dan 1 unit bus cadangan. Sebelumnya, angkutan massal berbasis jalan yang dikembangan dengan skema buy the service ini hanya memiliki 20 unit operasional dan 2 unit cadangan untuk Koridor I.

Penambahan ini akan membuat total armada menjadi 30 unit operasional dan 3 unit cadangan. “Antusiasme tinggi masyarakat dalam menggunakan armada TRANSJATIM ini mendorong kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dari segi keamanan dan  kenyamanan. Seperti waktu tunggu penumpang di halte dan keselamatan perjalanan,” jelas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis  (19/1).

Khofifah menambahkan, antusiasme masyarakat yang sangat tinggi untuk menggunakan armada TRANSJATIM dibuktikan dengan load factor terakhir pada bulan Desember 2022 yang sebesar 138%. Dengan adanya penambahan armada pada Koridor I ini, Dia berharap waktu tunggu penumpang yang sebelumnya 30 menit dapat dipangkas menjadi 15 menit.

“Faktor keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang menjadi prioritas kami. Ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk menyediakan transportasi publik yang aman dan nyaman,” tambah mantan Menteri Sosial RI tersebut.

Pengembangan rute TRANSJATIM ini, lanjut Khofifah, juga akan dilakukan di wilayah yang lebih luas lagi. Rencananya, juga dilakukan pengembangan rute untuk Koridor II. Yakni Terminal Kertajaya Mojokerto – Terminal Purabaya. Rute ini Insya Allah akan dilaunching pada bulan Agustus 2023 dengan jumlah armada 20 Unit Operasional dan 2 Unit Cadangan.

“Pengembangan rute ini terus kami lakukan. Setelah pengembangan rute koridor II ini rencananya kami akan mengembangkan Koridor III di wilayah Gerbangkertasusila. Mohon doanya dari seluruh Warga Jatim semua,” katanya.

Khofifah berharap, ke depan program angkutan massal berbasis jalan bisa dikembangkan di wilayah kab/kota di Jatim. Pengembangan angkutan massal TRANSJATIM ini sendiri saat ini dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Timur.

Di segi keselamatan, terdapat spesifikasi alat penunjang yang sudah di sediakan seperti Kamera AI (Artificial Intelligence) yang berfungsi mengontrol dan mengatur kecepatan bus, serta bisa mendeteksi dan memperingatkan pelanggaran dalam operasional.

Selanjutnya dari segi kenyamanan, armada TRANSJATIM dilengkapi pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) dan pewangi ruangan. Dari segi keteraturan, dengan time table yang sudah ditetapkan dan tersedia aplikasi TRANSJATIM- AJAIB di Smartphone (Playstore dan Appstore), maka penumpang akan mendapatkan kemudahan informasi terkait jadwal keberangkatan bus.(*)

Tombol Google News

Tags:

transportasi TransJatim Perhubungan Khofifah umum