Khofifah Lantik Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

10 April 2023 06:31 10 Apr 2023 06:31

Thumbnail Khofifah Lantik Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Watermark Ketik
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melantik Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengambil Sumpah Jabatan dan melantik Wakil Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menjadi Bupati Nganjuk di sisa masa jabatan tahun Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2018, Senin (10/4/2023).

Pelantikan Bupati Nganjuk ini dilakukan berdasarkan Keputusan Mendagri No. 100.2.1.3-1037 tanggal 4 April 2023 tentang pengesahan pengangkatan Bupati dan pengesahan Pengunduran Pemberhentian Wakil Bupati Nganjuk Provinsi Jatim.

Dalam amanatnya, Gubernur Khofifah mendoakan, di sisa masa jabatan sebagai Bupati Nganjuk ke depan untuk fokus melanjutkan program strategis dalam membangun kabupaten Nganjuk.

"Semoga pelantikan Pak Bupati Nganjuk ini bisa menjadi keberkahan bagi masyarakat Nganjuk. Dimana pada hari ini Kab. Nganjuk juga bertepatan berusia 1.086," ungkapnya.

Khofifah meminta, dengan sisa waktu masa jabatan Kepala Daerah periode 2018-2023 tersebut atau sisa jabatan selama 6 bulan, Bupati Marhaen bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang profesional menjelang tahun politik.

Foto Khofifah berfoto dengan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan Ketua TP PKK Kab. Nganjuk S. Wahyuni Marhaen. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Khofifah berfoto dengan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan Ketua TP PKK Kab. Nganjuk S. Wahyuni Marhaen. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Gubernur Khofifah mengungkapan terdapat tugas Bupati Nganjuk dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dan akuntable. Di antaranya pengelolaan keuangan daerah yang baik agar mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Terlebih, belanja APBD harus diutamakan untuk belanja publik guna penyediaan layanan kepada masyarakat dan pembangunan wilayah.

Dia berharap Bupati juga harus melakukan hubungan kerja sama dengan daerah lain dalam rangka mewujudkan efisiensi dan aktivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta untuk meningkatkan pengelolaan potensi daerah.

"Saya berpesan agar di sisa jabatan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan publik baik dalam bentuk jasa ataupun perizinan melalui transparansi dan standarisasi pelayanan serta meniadakan pungutan liar," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan bahwa ada tiga hal yang menjadi fokus utama usai dilantik yakni infrastruktur, kemandirian ekonomi dan reformasi birokrasi. Selain tiga hal tersebut, pengembangan SDM unggul juga tetap menjadi perhatian utama.

"Ini yang harus kita kuatkan IPM-nya bagaimana anak-anak kita dorong sekolah. Bagaimana mental sukses itu, karena Nganjuk berbeda dengan daerah lain. Nganjuk itu filosofinya luar biasa yang berasal dari Anjuk Ladang, Anjuk artinya kemenangan dan ladang itu artinya tanah," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pelantikan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi Gubernur Jawa Timur Khofifah Gedung Grahadi