Ketua Kwarnas Budi Waseso: Pramuka Aktor Penggerak Indonesia Emas 2045

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

14 Agustus 2024 06:49 14 Agt 2024 06:49

Thumbnail Ketua Kwarnas Budi Waseso: Pramuka Aktor Penggerak Indonesia Emas 2045 Watermark Ketik
Ketua Kwarnas Budi Waseso. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Wakil Presiden)

KETIK, JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memperingati Hari Pramuka pada 14 Agustus 2024 bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur.

Sebanyak 12 ribu peserta ikut dalam upacara yang mengusung tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga Persatuan dan Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.

Ketua Kwarnas Budi Waseso menjelaskan, pramuka adalah aktor penggerak dan pilar kekuatan Indonesia Emas 2045.

"Karena itu dididik dengan fundamental transformasi gerakan pramuka yaitu pengamalan tri satya dan dasa darma, dengan begitu pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara Indonesia Emas 2045," ujarnya dikutip dari Kanal Youtube Sekretariat Wakil Presiden.

Menurut Buwas sapaan akrab Budi Waseso, kontribusi gerakan pramuka di Indonesia Emas 2045 untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

"Karena kami sangat yakin sumber daya manusia yang dipersiapkan gerakan pramuka tidak hanya berdaya saing tetapi manusia berjiwa Pancasila," jelasnya.

Namun, ia menekankan pentingnya kolaborasi dari setiap kwartir daerah untuk mendukung Indonesia Emas 2045 dan melibatkan beberapa stakeholder agar terwujudnya hal tersebut.

"Tentunya upaya tersebut perlu sinergitas kolaborasi, partnership serta komitmen konsisten maupun konsekuen dan seluruh kakak-kakak sekalian dan seluruh stake holder," terangnya.

Menurutnya, penghargaan negara kepada Pramuka sangat besar, karena memiliki andil besar kepada negara, termasuk membangun karakter generasi muda.

"Nah, sekarang itu membuktikan bagaimana Pramuka tetap eksis dalam mewujudkan karakter generasi muda," ujar dia.

Ia berharap ke depan Pramuka dapat terus eksis sebagai organisasi yang turut membangun karakter generasi muda untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

"Harapan kita Pramuka terus bisa berkiprah untuk generasi muda, karena bagaimanapun pendidikan generasi muda, ya tentang ideologi maupun karakter merupakan investasi atau manifestasi yang mewujudkan investasi bangsa ini melalui generasi muda. Jadi, 2045 adalah tahun generasi emas, kemerdekaan Indonesia ke-100 tahun," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kwarnas Hari Pramuka Bumi Perkemahan upacara Hari Pramuka Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin