Ketua Fraksi PKB DPR RI dan Bupati Bandung Raih Penghargaan Komunitas Alumni Cipasung

Jurnalis: Maria Winchester
Editor: Akhmad Sugriwa

13 Mei 2023 14:19 13 Mei 2023 14:19

Thumbnail Ketua Fraksi PKB DPR RI dan Bupati Bandung Raih Penghargaan Komunitas Alumni Cipasung Watermark Ketik
Ketua Fraski PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menerima penghargaan dari KAC saat Halal Bi Halal di Ponpes Sa'addatudroin Kec Solokanjeruk Kab Bandung,Sabtu (13/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Komunitas Alumni Cipasung (KAC) memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh nasional maupun regional Jawa Barat, pada acara Halal Bi Halal KAC, di Aula Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/5/2023).

Untuk Kategori Dedikasi Pemberdayaan Umat, diberikan kepada Ketua Fraksi PKB DPR RI Dr H Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag., M.AP. Sebagai Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun dinilai telah berjasa bagi kalangan pondok pesantren, salahsatunya ikut membidani lahirnya  UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren yang mengamanatkan dana abadi pesantren.

Penghargaan kedua diberikan kepada Bupati Bandung Dr H M Dadang Supriatna, S.Ip., M.Si atas Kategori Peduli Pesantren. Bupati Bandung dinilai telah mengalokasikan dana APBD terbesar di Indonesia untuk memuliakan para guru ngaji, ustaz dan ustazah melalui realisasi program unggulan Insentif Guru Ngaji yang menelan anggaran Rp109 miliar pe tahunnya.

Sementara penghargaan lainnya diberikan kepada Ketua Umum KAC Ajat Sudrajat, Sastrawan Acep Zamzam Noor untuk kategori Inovasi Dakwah, dan Lifetime Achievement KH Ilyas Ruhiat, putra dari pendiri Ponpes Cipasung KH Ruhiat.

Usai menerima penghargaan Cucun Ahmad Syamsurijal mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan KAC yang menyandang nama besar Ponpes Cipasung Tasikmalaya.

Menurut Cucun, dari sejak lahirnya Ponpes Cipasung tahun 1931 oleh KH Ruhiat sampai sekarang, sudah menghasilkan puluhan ribu alumni yang berkarya dan menjadi pemimpin di tengah masyarakat hingga tingkat nasional bahkan internasional. 

"Penghargaan dari KAC ini menunjukan wujud pengabdian para alumni Cipasung yang sudah memberikan karya nyata di tengah-tengah masyarakat dan umat," ucap Cucun yang juga menjabat anggota Komisi III DPR RI ini.

"Semoga dengan halal bi halal KAC ini persaudaraan ini peringatan ini semua karya nyata ya di tengah-tengah masyarakat," imbuh Cucun.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima penghargaan dari KAC saat Halal Bi Halal di Ponpes Sa'addatudroin Kec Solokanjeruk Kab Bandung,Sabtu (13/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima penghargaan dari KAC saat Halal Bi Halal di Ponpes Sa'addatudroin Kec Solokanjeruk Kab Bandung,Sabtu (13/5/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara Bupati Bandung Dadang Supriatna sngat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan halal bihalal KAC yang digelar di Kabupaten Bandung.

"Halal bihalal merupakan salah satu sarana memanjangkan silaturahmi. Semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi kegiatannya. Apalagi yang sekarang temanya dengan tagline Dari Pesantren untuk Indonesia ini saya berharap ke depan para santri lah yang mengisi kepemimpinan di negara kita," ucap Bupati Bandung.

KAC atau Komunitas Alumni Cipasung adalah perkumpulan yang mempertemukan alumni Ponpes Cipasung dari segala kalangan. Mulai kalangan pendidikan, profesi, strata sosial, dan ekonomi, yang tidak dibatasi oleh angkatan alumnus. Ponpes Cipasung berlokasi di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

KAC dibangun sebagai wahana untuk membangun silaturahmi yang menjadi sebuah kekuatan yang memberdayakan alumni Cipasung, sehingga KAC menjadi salah satu “kekuatan besar" yang dapat memberikan kontribusi luar biasa dalam pembangunan bangsa Indonesia dan umat Islam pada khususnya.

Dari sisi daerah penyebaran, alumni Cipasung telah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Alumni Cipasung tinggal dari mulai desa terpencil sampai dengan ibu kota negara (DKI Jakarta).

Alumni Cipasung berkiprah dalam berbagai lapangan kehidupan, baik sebagai agamawan, pendidik, pengusaha, profesional maupun birokrat. Dari jumlah alumni yang mencapai 80 ribu, saat ini telah terdata sekitar 18 ribu orang.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

KETUA FRAKSI PKB DPR RI FRAKSI PKB DPR RI DPR RI CUCUN AHMAD SYAMSURIJAL BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA Ponpes Cipasung Komunitas Alumni Cipasung