Ketua DPRD Kabupaten Madiun Sebut Lebaran Mempererat Persatuan dan Toleransi

Jurnalis: Ian Alfatih
Editor: M. Rifat

10 April 2024 05:53 10 Apr 2024 05:53

Thumbnail Ketua DPRD Kabupaten Madiun Sebut Lebaran Mempererat Persatuan dan Toleransi Watermark Ketik
Momen Idulfitri di Kabupaten Madiun (10/4/2024). (Foto: DPRD Kab Madiun)

KETIK, MADIUN – Semarak Hari Raya Idulfitri begitu terasa tahun ini. Tingginya animo masyarakat melakukan mudik lebaran jadi salah satu indikasinya. Ribuan pemudik tercatat pulang ke kampung halaman di Kabupaten Madiun.

Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono mengatakan Idulfitri menjadi momentum untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan seperti religiusitas, persatuan, toleransi, gotong royong, dan nasionalisme.

Menurut Fery, momen tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi diri dan merenungkan amalan-amalan yang telah dilakukan selama tahun-tahun sebelumnya.

Umat Islam juga diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan menjadi insan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

‘’Idulfitri harus menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara, memperbaiki kualitas pengamalan nilai-nilai karakter, dan budaya bangsa yang termanifestasi dalam sila-sila Pancasila,’’ tegas Fery usai melaksanakan Salat Ied 1445 H (10/4/2024).

Fery juga berharap Idulfitri menjadi momen untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, silaturahim yang dilakukan di momen hari raya tidak terbatas antar umat Islam tapi melintasi suku, agama, ras, dan antargolongan, sehingga dapat mempererat tali persaudaraan dan memperkokoh rasa nasionalisme.

Dalam praktek kehidupan, masyarakat, Madiun punya kearifan luar biasa. Idulfitri tidak hanya perayaan bagi umat Islam tapi juga dirasakan oleh saudara-saudara kita di luar Islam dengan saling mengucap selamat, saling mengunjungi, dan saling berbagi bingkisan, hadiah, juga makanan. ‘’Inilah bentuk riil toleransi yang tidak sekadar basa-basi,’’ pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri DPRD Kab. Madiun Fery Sudarsono Sholat Ied