Kereta Anyar dari Surabaya Diserbu Penumpang, Ini Jadwal dan Namanya

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

1 Juni 2023 19:07 1 Jun 2023 19:07

Thumbnail Kereta Anyar dari Surabaya Diserbu Penumpang, Ini Jadwal dan Namanya Watermark Ketik
Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI, Sandry Pasambuna memberangkatkan KA Argo Semeru secara simbolis. (Foto: PT KAI Daop 8 for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Peluncuran Kereta Api Argo Semeru mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari seat load factor atau tingkat keterisian tempat duduk mencapai 96 persen atau 435 penumpang dari total 450 tempat duduk.

KA dengan tujuan Stasiun Gubeng (Surabaya)-Stasiun Gambir (Jakarta) melewati jalur selatan, dengan jarak tempuh sekitar 10 jam 35 menit. Berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 09.05 WIB, tiba di Stasiun Gambir sekitar pukul 19.40 WIB. Sebaliknya, berangkat dari Gambir sekitar pukul 06.20 WIB dan tiba Gubeng pukul 16.50 WIB.

Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Sandry Pasambuna mengatakan bahwa di awal peluncuran ini masih menawarkan tarif promo, Rp 250 ribu selama bulan Juni.

“Harapan kami, KA baru ini dapat meningkatkan mobilitas masyarakat mendukung kebangkitan ekonomi saat pandemi melandai. Sekaligus meningkatkan animo untuk memilih kereta api,” kata Sandry dalam keterangan resminya usai peluncuran KA Argo Semeru di Stasiun Gubeng, Kamis (1/6/2023).

Rute yang ditempuh KA Argo Semeru ini melewati jalur selatan tetapi tidak melewati Bandung. Uniknya rute yang diambil beberapa stasiun besar seperti Stasiun Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon dan Stasiun Gambir.

“Pengoperasian KA Argo Semeru ini merupakan alternatif perjalanan relasi Gubeng-Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari. Sebelumnya tidak ada jadwal KA melewati jalur selatan pada pukul 09.00 WIB,” lanjut Sandry.

Peluncuran KA Argo Semeru ini berbarengan dengan empat kereta anyar. Rinciannya, dua kereta api diluncurkan di Semarang masing-masing KA Argo Merbabu relasi Tawang-Gambir dan KA Banyubiru relasi Tawang-Solo Balapan yang diresmikan di Stasiun Semarang Tawang.

Sementara dua kereta lainnya KA Manahan relasi Solo Balapan-Gambir yang diresmikan di Stasiun Solo Balapan, dan KA Pandalungan relasi Jember-Gambir yang diresmikan di Stasiun Jember.

Sandry menegaskan peluncuran Argo Semeru bersama tiga kereta baru lainnya merupakan implementasi peningkatan layanan KAI, seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang mulai berlaku 1 Juni 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kereta Api Indonesia KAI Argo Semeru Jawa timur Kereta Api Daop 8 Gubeng Surabaya