Keren! Unusa Loloskan 33 PKM, Terbanyak di Jawa Timur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

16 Juni 2023 09:00 16 Jun 2023 09:00

Thumbnail Keren! Unusa Loloskan 33 PKM, Terbanyak di Jawa Timur Watermark Ketik
Kelompok Mahasiswa Unusa sedang memperagakan produk PKM mereka. (Foto: Humas Unusa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) kembali mencetak prestasi. Sebanyak 16 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan Unusa berhasil lolos Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023. Total Unusa meloloskan 33 judul dalam PKM.

Hal ini membuat Unusa menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbanyak di tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jawa Timur yang meloloskan PKM Bidang Kewirausahaan. Total ada delapan bidang PKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Berdasarkan Surat Pengumuman No. 2383/E2/DT.01.00/2023 tentang Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2023, terdapat total 33 PKM Unusa yang lolos, juga menjadi terbanyak se-Indonesia di lingkungan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan terbanyak ke-2 di lingkungan PTS Jawa Timur.

Direktur Akademik, Kemahasiswaan, dan Perpustakaan Unusa, Dr. Umdatus Soleha, SST., M.Kes., mengungkapkan, Jumlah tim yang lolos tahun ini lebih banyak dari pada tahun sebelumnya.

Jumlah ini membuktikan bahwa minat dan antusias mahasiswa di Unusa sangat tinggi, ini juga karena keseriusan dukungan dan pendampingan dari institusi.

“Jumlah total pendanaan yang diterima Unusa sebanyak Rp. 233.750.000,- Itu merupakan jumlah keseluruhan bagi 33 Proposal PKM di tahun 2023 ini. Tahun 2022 lalu, PKM Unusa lolos 6 Proposal," ungkap Umdatus.

Secara rinci Umdatus menambahkan dari ke 33 yang lolos, terdapat 19 tim PKM Kewirausahaan, 3 tim PKM Karsa Cipta (KC), 7 tim PKM Pengabdian Masyarakat (PM), 2 tim lolos PKM Riset Eksakta (RE), dan 2 tim PKM Riset Sosial Humaniora (RSH).

Mereka akan dibimbing mulai persiapan proposal hingga produksi yang akan dilakukan pada setiap tim. Kami berharap bisa lolos dalam PIMNAS 2023 dan memperoleh juara dalam PKM tahun ini,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

PKM Kemendikbudristek Wirausaha mahasiswa Unusa PTS wilayah VII