Keren! Aplikasi 'Ayo Bekerja' Disnaker Situbondo Jadi Solusi Bagi Para Pencari Kerja

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: M. Rifat

3 Agustus 2024 07:20 3 Agt 2024 07:20

Thumbnail Keren! Aplikasi 'Ayo Bekerja' Disnaker Situbondo Jadi Solusi Bagi Para Pencari Kerja Watermark Ketik
Ery Sandhy, Kepala Bidang Penempataan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Sabtu (03/08/2024) (Foto: Heru Hartanto/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Aplikasi Ayo Bekerja yang di launching Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo pada kegiatan Job Fair beberapa hari lalu, merupakan salah satu solusi bagi para pencari lowongan kerja.

Ery Sandhy, Kepala Bidang Penempataan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo mengatakan, Aplikasi Ayo Bekerja yang digagas oleh Dinas Ketenagakerjaan Situbondo ini tergolong masih baru dan masih butuh penyempurnaan lebih lanjut.

“Bagi para pencari kerja yang akan mengakses Aplikasi Ayo Bekerja ini harus datang ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan untuk mendapatkan WhatsApp Blass agar bisa login ke Aplikasi Ayo Bekerja,” tutur Ery, Sabtu (03/08/2024).

Dengan adanya Aplikasi Ayo Bekerja ini, sambung Ery, diharapkan para pencari kerja, tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan ke perusahaan.

Setiap hari para pencari kerja akan mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui WhatsApp Blast. "Setelah itu pencari kerja bisa klik di aplikasi ayo bekerja dan diterima oleh HRD perusahaan secara langsung,” jelas Ery Sandhy.

Bagi para pencari kerja, kata Ery, jika menggunakan Login Apilikasi Ayo Bekerja, maka dalam satu lamaran para pencari kerja bisa terhubung dengan beberapa perusahaan dan langsung ditangani oleh Human Resource Development (HRD).

“Lamaran para pencari kerja langsung ditangani oleh HRD perusahaan, sehingga respons cepat dari HRD ini akan menjawab semua lamaran para pencari kerja. Karena Dinas Ketenagakerjaan Situbondo membatasi perusahaan selama 3 bulan untuk menjawab lamaran para pencari kerja, diterima lamarannya atau ditolak lamarannya,” jelas Ery.

Tak hanya itu yang disampaikan Ery, namun dia menjelaskan bahwa pihaknya mempunyai data di AK 1 dan mempunyai data dari SMK Negeri dan SMK Swasta yang telah dikirim ke Dinas Ketenagakerjaan Situbondo.

“Data yang sudah masuk ke kami sebanyak seribu lima ratus sebelas data pencari kerja,” tuturnya.

Ery menambahkan, data seribu lima ratus sebelas itu terdiri dari alumni SMKN dan SMK Swasta serta pencari kerja yang sudah datang sendiri ke Dinas Ketenagakerjaan Situbondo dan sudah terekam di data AK 1 (dulu kartu kuning, red).

“Data tersebut akan kami informasikan melalui Aplikasi Ayo Bekerja ini melalui WhatsApp Blast. Dari WhatsApp Blast para pencari kerja bisa langsung terhubung dengan Aplikasi Ayo Bekerja," jelasnya.

"Untuk mendapatkan WhatsApp Blast, para pencari kerja bisa datang langsung ke Kantor Dinas Ketenagakerjaan Situbondo di Jalan PB Sudirman, Karangasem, Situbondo,” pungkas Ery Sandhy, Kepala Bidang Penempataan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja pada Dinas Ketenagakerjaan Situbondo. (*)    

Tombol Google News

Tags:

Apikasi Ayo Bekerja disnaker situbondo solusi Bagi Pencari kerja Situbondo Berita Situbondo Terkini