Kepala BNPB: Pramuka Garda Terdepan Penanggulangan Bencana di Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

30 Juli 2024 09:56 30 Jul 2024 09:56

Thumbnail Kepala BNPB: Pramuka Garda Terdepan Penanggulangan Bencana di Indonesia Watermark Ketik
Kepala BNPB Suharyanto. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dalam rangkaian Hari Pramuka ke-63, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan jumpa tokoh di Dyandra Convention Center, Selasa (30/7/2024).

Tema yang diambil yakni "Sinergi bersama BNPB, Pemprov Jatim, dan Gerakan Pramuka dalam program kemanusiaan dan kebencanaan". Melalui tema ini pramuka menunjukkan kehadirannya dalam upaya siaga bencana.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan Indonesia merupakan negara yang kaya raya, segala macam kekayaan alam ada di indonesia. Di sisi lain segala macam jenis bencana juga ada di tanah air.

"Totalnya 13 bencana, mulai dari hidrometeorologi basah seperti banjir dan kekeringan. Bencana geologi seperti gempa bumi dan bencana vulkanologi seperti gunung meletus," jelas Suharyanto saat menjadi pembicara di acara jumpa tokoh di Surabaya (30/7/2024).

Lebih lanjut, dalam upaya penanggulangan bencana, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan kerja sama pentahelik yang saling melengkapi satu sama lain, seperti dunia usaha, media, relawan dan masyarakat termasuk pramuka.

Foto Talk Show Jumpa Tokoh yang digelar oleh Kwarda Jawa Timur Gerakan Pramuka. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Talk Show Jumpa Tokoh yang digelar oleh Kwarda Jawa Timur Gerakan Pramuka. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Peran pramuka dalam penanggulangan bencana di Indonesia, khususnya Jawa Timur sangatlah besar. Pramuka hadir di setiap tahapan penanggulangan bencana, mulai dari mitigasi, tanggap darurat hingga pemulihan pasca bencana.

"Pramuka menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan. Kehadiran pramuka menjadi faktor yang tidak terlupakan dalam percepatan pemulihan pasca bencana," tambahnya.

Sebagai negara yang sering dilanda bencana, kesiapsiagaan merupakan faktor penting untuk menekan jatuhnya korban jiwa. Bencana merupakan hal yang pasti terjadi dan selalu berulang. Oleh sebab itu kesiapan dalam mengantisipasinya merupakan kunci agar tidak jatuh banyak korban jiwa.

BNPB pun bekerja sama dengan Pramuka untuk sebagai salah satu bagian dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia. Didukung SDM yang berlimpah, berbagai pelatihan bencana telah diberikan kepada para anggota Pramuka. 

"SDM pramuka ini kan banyak ya jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan. Oleh sebab itu berbagai pelatihan kebencanaan kita berikan agar mereka dapat berkontribusi lebih baik dalam penanggulangan bencana," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Pramuka Bnpb Suharyanto Kwarda Jatim penanggulangan bencana Jumpa Tokoh Gerakan Pramuka