Kekeringan Mulai Merambah ke Wilayah Perkotaan Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

26 Oktober 2023 09:55 26 Okt 2023 09:55

Thumbnail Kekeringan Mulai Merambah ke Wilayah Perkotaan Jember Watermark Ketik
Distribusi air bersih oleh PMI Kabupaten Jember di wilayah terdampak, Kamis (26/10/2023) (Foto: Humas PMI Jember)

KETIK, JEMBER – Hingga hari ini, Kamis (26/10/2023) PMI Kabupaten Jember telah mendistribusikan air bersih di sejumlah wilayah kekeringan sebanyak 390.000 Liter.

Wilayah terdampak kekeringan akibat musim kemarau panjang di Kabupaten Jember semakin bertambah. Kini wilayah kekeringan sudah mulai merambah daerah perkotaan.

Berdasarkan hasil asesmen terbaru PMI, warga di RT 3 RW 12 Perumahan New Rengganis 2 Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari mengajukan bantuan distribusi air bersih.

Wisnu Sugih Hartono, Ketua  RT 3, RW 12 di Perumahan New Rengganis menyatakan warga sudah mengalami kesulitan air sejak Agustus 2023 lalu. “Kekeringan mulai Agustus, ada beberapa warga yang kekurangan air,” jelasnya.

Kedepannya harapan kami ada penyaluran air bersih terus seperti ini ke  Perumahan New rengganis 2,” kata Wisnu. 

Bahkan beberapa sumur air warga kondisinya sudah kering. Menurut Wisnu, baru kali ini warga Perumahan New Rengganis 2 kesulitan air bersih hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Terdapat 90 rumah berpenghuni yang terdampak di perumahan, belum termasuk warga sekitar. Jika diakumulasikan ada sekitar 200 KK bersama warga kampung sekitar perumahan.

“Air sumur warga ada yang habis, baru terjadi tahun ini saja tahun sebelumnya gak pernah terjadi,” imbuhnya.

Sebelumnya, warga perumahan tersebut membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhannya, Namun, pengeluaran biaya semakin membengkak jika harus membeli air setiap hari. 

“Tetapi cost-nya kan  besar untuk beli air tiap hari. Akhirnya cari solusi dengan minta distribusi air bersih ke PMI rutin,” ujarnya. 

Sementara Staf Markas PMI Kabupaten Jember, M. Faiturrohman yang melakukan droping air bersih mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Jember. 

“PMI koordinasi aktif dengan BPBD, ada laporan ada 8 kecamatan yang mengalami kekeringan,” kata M. Faiturrohman. 

Atas laporan itu, PMI menindaklanjuti dengan distribusi air bersih ke wilayah kekeringan yang telah ditentukan BPBD. “Hasil kajian PMI kondisi air sumur kering, ada juga yang sumur yang ada air tapi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga,” ujarnya. 

Sejauh ini PMI Kabupaten Jember telah mendistribusikan air bersih lingkungan Tegal watu untuk 193 KK. Kemudian Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang warga terdampak 4 KK. 

Terakhir  Perumahan New Rengganis Lingkungan  Jambuan  Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari sebanyak 90 KK terdampak kekeringan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kekeringan semakin meluas wilayah perkotaan Jember kemarau panjang KRISIS AIR PMI Jember BPBD Jember distribusi air bersih