Kejari Puji Pengelolaan Keuangan KONI Kabupaten Bandung

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

4 April 2023 16:56 4 Apr 2023 16:56

Thumbnail Kejari Puji Pengelolaan Keuangan KONI Kabupaten Bandung Watermark Ketik
Kepala Kejari Bale Bandung Sugeng Sumarno (tengah) menjadi narasumber Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan di Sekretariat KONI Kab Bandung, Selasa (4/4/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – KONI Kabupaten Bandung menggandeng Kejaksaan Negeri Bale Bandung menggelar Sosialiasi Penyusunan Pedoman Tata Kelola Keuangan dan Pembekalan Penyusunan Laporan Keuangan di Sekretariat KONI Kabupaten Bandung, Selasa (4/4/2023). 

Peserta dari bimbingan teknis yakni 47 dari 55 cabor di bawah naungan KONI Kabupaten Bandung. Materi bimtek disampaikan langsung Ketua KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana dan Kepala Kejari Bale Bandung Sugeng Sumarno.

Kajari Bale Bandung Sugeng Sumarno mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan laporan keuangan Porprov Jawa Barat 2022, KONI Kabupaten Bandung dapat menjadi contoh pengelolaan keuangan yang baik bagi lembaga lainnya.

"KONI Kabupaten Bandung dinilai berhasil dalam pengelolaan keuangan dari event Porprov Jabar. KONI Kabupaten Bandung telah sukses dalam artian pelaksanaan Porprov Jabar apalagi selaku salah satu tuan rumah. Kemudian sukses laporan pertanggungjawaban, dan sukses administrasi. Tidak ada kendala ataupun temuan-temuan yang sifatnya menyimpang dari anggaran KONI," tandas Kajari kepada wartawan. 

Pengelolaan keuangan dengan baik, kata Sugeng, akan berimbas pada pelaksanaan event olahraga seperti Porprov Jabar dan prestasi olahraga itu sendiri. 

"Pengelolaan keuangan itu perlu transparansi dan keterbukaan, kesungguhan, dan fokus dalam pelaksanaan kerja sehingga berdampak positif khususnya pada prestasi olahraga dan pelaksanaan event olahraga dan," jelas Sugeng.

Terlebih saat ini sudah ada ada MoU (Memorandum of Understanding) antara KONI Kabupaten Bandung dan KONI Kabupaten Bandung tentang pendampingan untuk pengawasan pengelolaan keuangan.

"Perlu diketahui teman-teman cabor. Kita ada MoU pendampingan untuk pengawasan pengelolaan keuangan," kata Kajari.

Tujuannya agar tidak terjadi penyimpangan pengelolaan atau penggunaan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan.

"Jelas peruntukan, jelas pertanggungjawabannya. Harus tepat sasaran, tepat waktu. Itu disampaikan teman-teman pengurus cabor di KONI," tuturnya.

Pihak KONI berikutnya mempertanggungjawabkan laporan pada pemerintah melalui Badan Audit BPK RI. Kajari berpesan agar setiap cabor mengelola dana dengan baik dan benar.

Foto Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana. (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara Ketua KONI Yana Suryana menegaskan pengelolaan keuangan KONI harus lebih baik. "Tadi disampaikan Bapak Kajari bahwa KONI Kabupaten Bandung mendapat hasil yang baik dalam pelaporan Porprov Jabar 2022," ujar Yana yang akrab disapa Ustaz Persib ini. 

Sesuai dengan tekadnya saat ia terpilih menjadi Ketua KONI Kabupaten Bandung, Yana menandaskan pihaknya harus lebih baik lagi dari kemarin. 

"Dengan predikat baik dalam pengelolaan keuangan itu kita harus bisa mempertahankan bahkan harus bisa lebih baik lagi," tegas Ustaz Persib. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

koni KONI KABUPATEN BANDUNG Kejari