Kehabisan Uang Usai Mudik Lebaran? Tenang, Pulihkan dengan Cara Ini

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

25 April 2023 16:00 25 Apr 2023 16:00

Thumbnail Kehabisan Uang Usai Mudik Lebaran? Tenang, Pulihkan dengan Cara Ini Watermark Ketik
Ilustasi. (Foto: Pixabay/Putu Elmira)

KETIK, JAKARTA Dalam mudik Lebaran, kadang banyak dana ekstra yang keluar. Tidak jarang juga dana yang keluar jauh dari perkiraan awal.

Tapi apa boleh buat, hidup tetap berjalan sambil menunggu awal bulan. Berikut tips agar keuangan kembali pulih setelah banyak dana ekstra keluar saat lebaran.

1. Lakukan pengecekan keuangan kembali

Setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar, hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan keuangan kembali. Apakah dana yang dimiliki masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selepas Lebaran? Atau pas-pasan, atau justru malah kurang? Setelah itu kamu bisa menyusun pengeluaran sesuai dengan kondisi keuanganmu yang terkini.

2. Susun rencana pengeluaran

Setelah kamu mengecek kondisi keuangan selepas Lebaran, saatnya untuk menyusun rencana pengeluaran. Lihat kembali, mana yang harus diprioritaskan, dan mana yang bisa dikurangi. Kontrol pengeluaran seminggu sekali supaya kamu bisa mengecek situasi keuangan secara berkala.

3. Batasi pengeluaran harian

Apabila keuanganmu masih aman, maka tak masalah jika kamu menggunakan rencana pengeluaran yang sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Namun jika kondisi pas-pasan, kamu bisa menekan pengeluaran dengan mengurangi sejumlah pengeluaran harian yang bisa dikurangi. Apabila keuanganmu defisit, kamu bisa mencoba untuk meminjam dana, atau bekerja sambilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Disiplin dalam mengatur keuangan

Seluruh cara di atas tentu akan sia-sia jika kamu tak disiplin dalam menjalankannya. Maka dari itu, kamu harus disiplin dan konsisten terhadap perencanaan ini. Ingatlah bahwa seluruh cara ini dilakukan agar keuanganmu bisa kembali pulih.

Itu dia sejumlah tips memulihkan kembali keuanganmu pasca mudik Lebaran. Semoga finansialmu segera stabil ya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bokek keuangan mudik lebaran