Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri di Astana Anyar 

Editor: Shinta Miranda

7 Desember 2022 08:18 7 Des 2022 08:18

Thumbnail Kapolri Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri di Astana Anyar  Watermark Ketik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit. (Foto: humas.polri.go.id) 

KETIK, BANDUNG – Pelaku bom di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkap identitas pelaku bom bunuh diri pada Rabu (7/12/2022). Ia adalah Agus Sujatno alias Abu Muslim. 

Agus Sujatno merupakan warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batu Nunggal, Bandung. 

"Hasil sidik jari dan face recognition identik menyebutkan identitas pelaku Agus Sujatno," kata Listyo. 

AS sempat ditahan di Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusambangan. AS ditahan selama empat tahun terkait kasus terorisme sebelum akhirnya bebas pada Maret 2021 lalu. 

Kapolri juga mengungkapkan di TKP terdapat banyaknya belasan kertas bertuliskan tolak adanya RKUHP. 

"Di TKP ditemukan ada belasan kertas bertuliskan protes penolakan terhadap (UU) KUHP yang baru saja disahkan di dalamnya membahas masalah zina dan sebagainya dan tentunya ini semua kita dalami," ujarnya. 

Listyo menuturkan peristiwa bom bunuh diri mengakibatkan pelaku meninggal termasuk 11 orang lainnya. Dari sebelas orang yang menjadi korban, sepuluh orang merupakan anggota polisi dan satu orang di antaranya meninggal dunia. 

"Betul tadi pagi terjadi peristiwa bom bunuh diri mengakibatkan pelaku meninggal dunia dan 10 anggota dan satu masyarakat mengalami luka-luka. Informasi satu anggota dalam kritis meninggal saat ini," katanya.

Pihaknya saat ini sedang melakukan pendalaman dan olah TKP sedang berlangsung. Pihaknya akan melakukan proses pencarian terhadap kelompok yang berafilisasi dengan pelaku. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Kota Bandung Agus Sujatno terafiliasi dengan Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung. Pelaku tewas dalam aksi bom bunuh diri tersebut. 

"Kita bisa jelaskan (pelaku) terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung Jawa Barat," ujarnya seusai meninjau lokasi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Rabu (7/12/2022). 

Dari hasil sidik jari dan face recognition, ia menuturkan identitas pelaku bom bunuh diri adalah Agus Sujatno atau yang dikenal Agus Muslim. Pelaku pernah ditangkap dalam kasus bom di Cicendo, Kota Bandung. 

"Pelaku Agus Sujatno dikenal Agus Muslim yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun, di bulan September-Oktober 2021 lalu bersangkutan bebas," katanya. 

Aksi bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung pada Rabu (7/12/2022) sekitar pukul 08.20 WIB pagi tadi. Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan peristiwa itu terjadi saat jajaran Polsek Astana Anyar sedang melakukan apel pagi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Astana Anyar bom kapolri Listyo Abu Muslim