Kapolri Beri Intruksi Khusus Soal Kerusuhan Pelayat Lukas Enembe

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

28 Desember 2023 09:12 28 Des 2023 09:12

Thumbnail Kapolri Beri Intruksi Khusus Soal Kerusuhan Pelayat Lukas Enembe Watermark Ketik
Kapolri Jenderal Sigit Prabowo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebuah mobil hangus terbakar dan beberapa aparat terluka termasuk Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dalam kerusuhan yang terjadi pada prosesi iring-iringan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura. 

Kerusuhan itu terekam dalam video yang beredar di media sosial.

Mengenai hal tersebut, Kapolri Jenderal Sigit Prabowo mengakui bahwa ada aksi dari kelompok masyarakat, namun sudah diantisipasi.

"Ada sedikit aksi ya dari beberapa kelompok masyarakat. Namun hari ini, setelah itu bisa diantisipasi," kata Jenderal Sigit usai acara deklarasi pemilu damai di Polda Jawa Timur, Kamis (28/12/2023).

"Kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh aparat di sana untuk betul-betul mempersiapkan diri menghadapi dan menjaga situasi bisa tetap terkendali. Sudah ada personel yang diterjunkan," imbuh Kapolri.

Sebagai informasi, proses arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe ke tempat persemayaman diwarnai kericuhan.

Massa melakukan pembakaran terhadap mobil hingga menyerang aparat ketika jenazah Lukas hendak dibawa dari Bandara Sentani ke tempat persemayaman di STAKIN.

Aparat dan keluarga bermaksud membawa jenazah dengan kendaraan, tetapi diadang oleh warga. Warga mendesak agar mereka mengarak jenazah Lukas ke tempat persemayaman.

Pihak keluarga dan aparat kemudian mengalah dan menuruti permintaan warga. Saat proses pengantaran jenazah, barisan massa paling depan tiba-tiba melakukan provokasi dengan cara melempari bangunan. Massa juga membakar mobil warga yang sedang diparkir.

Massa juga menyerang aparat dan kendaraan aparat hingga ada yang terluka. Belum diketahui pemicu kericuhan itu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Lukas Enembe kerusuhan iring-iringan jenazah Mantan Gubernur Papua kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo